Perbedaan Kuliah di Indonesia dan Luar Negeri yang Perlu Kamu Ketahui

Teknokra.id - Sebagian dari kamu pasti pernah kan mendengar mengenai beasiswa kuliah di luar negeri, asiknya kuliah di luar negeri, atau bahkan ada teman dekatmu yang juga kuliah di luar negeri? Wahh kalau iya, pasti kamu penasaran kan rasanya kuliah di luar negeri.

Sebelum kamu pergi dan kuliah di luar negeri, Teknokra.id mau ngasih tahu dulu nih, beberapa perbedaan perkuliahan di luar negeri dengan di Indonesia, termasuk akademiknya, non akademik, pergaulan, hingga budayanya. Lalu apa saja sih perbedaannya, mari kita simak yuk!

Perbedaan Kuliah di Indonesia dan Luar Negeri yang Perlu Kamu Ketahui

Sistem Perkuliahan

Hal pertama yang dapat dibahas yaitu mengenai sistem perkuliahan. Seperti yang kita tahu di Indonesia sistem pendidikan yang diterapkan masih banyak mengandalkan teori dan analisis. Hal itu dilakukan supaya pelajar atau mahasiswa di Indonesia mampu memberikan solusi secara cepat dan tepat. Tak heran jika masyarakat Indonesia sangat pandai dalam memecahkan suatu kasus atau membahas permasalahan secara rinci.

Namun, hal itu berbeda dengan luar negeri. Sistem pendidikan perkuliahan di luar negeri lebih mengutamakan pada praktik dibanding teori. Hal ini dibuktikan dengan berbagai produk inovasi yang dikembangkan oleh negara luar.

Tahun Akademik

Ketika kamu memasuki dunia perkuliahan di Indonesia, pada umumnya kamu akan mengawali semester di bulan Januari-Februari. Berbeda dengan perkuliahan di luar negeri yang menggunakan kalender perkuliahan yang pada umumnya dimulai pada bulan Agustus-September. Namun tentu, setiap negara bisa menerapkan tahun akademiknya berbeda-beda sesuai dengan negaranya masing-masing

Sistem Pembelajaran

Bagi kamu yang kurang cocok dengan sistem pembelajaran di Indonesia, bisa nih kamu mencoba untuk kuliah di luar negeri. Pasalnya, sistem pembelajaran kuliah di luar negeri sedikit berbeda dibandingkan di Indonesia, di mana pengambilan jadwal pendidikan atau kelas kuliah sesuai dengan keinginan dan kemampuan waktu luang kamu. Hal ini dapat kamu lakukan karena sebagian besar perkuliahan di luar negeri mahasiswanya melakukan kerja part time sehingga waktu pendidikan tidak sepenuhnya dikuasai oleh mahasiswa itu sendiri. 

Berbeda dengan di Indonesia, di sini kita dapat memilih penjadwalan sendiri. Namun, terkadang jadwal yang ada harus kita ambil demi memenuhi SKS.

Data Kehadiran Mahasiswa

Hayoo, siapa di antara kamu yang sering absen saat ada kelas? Jika kamu termasuk orang yang sibuk dan sering telat absen atau tidak hadir dalam kelas, kuliah di luar negeri cocok untuk diri kamu. Yap, sebagian besar sistem perkuliahan di luar negeri tidak begitu mementingkan absensi atau data kehadiran mahasiswanya sebagai salah satu syarat untuk kelulusan. Mereka lebih melihat keaktifan belajar, tugas, dan ujian sebagai acuan untuk penilaian dalam kelulusan. Berbeda halnya di Indonesia, di mana jika kamu tidak hadir dalam kelas atau absen dalam jangka waktu yang telah ditentukan, kamu bisa saja mengulang semester yang sama atau bahkan dikeluarkan dari kampus.

Interaksi Antar Mahasiswa

Tidak banyak yang dapat kami komentari mengenai hubungan atau interaksi antar mahasiswa, baik di perkuliahan Indonesia maupun luar negeri. Namun, yang dapat kami paparkan adalah sedikit gambaran logika di mana interaksi antar mahasiswa di luar negeri itu lebih mengasikan. Hal ini dikarenakan ketika kamu kuliah di luar negeri, kamu dapat bertemu dengan teman baru yang berasal dari berbagai negara. 

Hal ini saya jadikan perbedaan karena jika kamu kuliah di Indonesia, tidak banyak teman dari negara lain yang ikut berkuliah di sini. Hal ini karena masih sedikitnya mahasiswa luar negeri yang tertarik belajar di Indonesia. Namun begitu, Indonesia masih memiliki sistem pendidikan yang baik dan menakjubkan bagi sebagian negara dan mahasiswa lainnya.

Pergaulan Antar Mahasiswa

Bisa dibilang untuk saat ini bentuk pergaulan antar mahasiswa baik di luar negeri dan dalam negeri tidak jauh berbeda. Hadirnya perkembangan zaman yang mendatangkan era baru di mana segala informasi dapat dengan pesat di sebarluaskan, menyebabkan bentuk pergaulan dari satu tempat ke tempat lain dapat menjadi sama. Namun, sedikit yang membedakan adalah pengaruh budaya lokal yang berbeda antara Indonesia dan luar negeri. Indonesia budaya lokalnya masih cukup kental sehingga beberapa pola tingkah laku masyarakat masih bisa diatur, berbeda dengan luar negeri yang lebih bebas karena budaya mereka yang berbeda dan sedikit lebih luas dalam sudut pandang masyarakat Indonesia.


Itulah sedikit perbedaan yang perlu kamu ketahui antara perkuliahan di Indonesia dan di luar negeri. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk kuliah di luar negeri? Atau memilih kuliah di dalam negeri saja agar tidak jauh dari rumah? Apapun itu, keputusan terbaik ada di tanganmu (Penulis: Fauzan Muhammad Al Hazmi).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel