Penjelasan Seputar Gelembung Sabun, Kenapa Bentuknya Bulat?

Teknokra.id - Kamu pasti pernah bermain gelembung sabun kan? Entah saat masih kecil atau sampai sekarang. Atau adikmu suka bermain gelembung sabun? Nah, di sini Teknokra.id akan membagikan informasi seputar gelembung sabun.

Sebelumnya, apa sih gelembung sabun itu? Gelembung sabun adalah gelembung yang merupakan lapisan tipis dari air sabun dan berisi volume udara tertentu. 

Penjelasan Seputar Gelembung Sabun, Kenapa Bentuknya Bulat?

Lapisan ini dapat terbentuk dari dua ujung sabun yang bergerak ke arah yang berlawanan. Lapisan yang terdiri dari molekul sabun ini nantinya akan membungkus lapisan air tipis sehingga udara bisa terperangkap di dalamnya.

Karena tipisnya lapisan ini, gelembung sabun bis pecah dengan mudah dan hanya bertahan beberapa detik. Pecahnya gelembung ini dikarenakan permukaan tipis tersebut telah menguap.

Gelembung sabun bisa kamu dapatkan dengan mudah. Bisa kamu buat menggunakan sabun cuci, sabun mandi, shampo, atau beli produk jadi.

Lalu, mengapa bentuk gelembung sabun selalu bulat? Meskipun menggunakan peniup yang beraneka bentuk, tetap saja menjadi bulat. Bahkan, ketika kami jadikan besar ataupun panjang, tetap saja gelembung akan berakhir bulat. Kenapa ya kira-kira?

Nah, gelembung sabun selalu berbentuk bulat karena disebabkan oleh sifat tarik-menarik antar molekul di dalam gelembung. Molekul dalam lapisan ini tentulah bersifat gas. Sehingga kekuatan yang dihasilkan molekul pada setiap titik permukaan tentunya akan sama besarnya.

Kekuatan tarik-menarik inilah yang membuat lapisan tipis berkontraksi hingga melebar sampai titik maksimum. Oleh sebab itu, kekuatan yang terjadi pada lapisan air sabun dan udara di dalamnya ini akan mencapai titik seimbang.

Intinya adalah keseimbangan kekuatan yang menjadikan bentuk gelembung sabun menjadi bulat. Kesimpulannya, setiap molekul sabun akan menarik jumlah molekul sabun yang sama.

Nah, itulah penjelasan seputar gelembung sabun. Semoga bermanfaat (Penulis: Dwindy Monica).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel