Mabuk Kendaraan dan Cara Mengatasinya

Teknokra.id - Hai sahabat Teknokra! Apakah kamu pernah mengalami mabuk kendaraan atau perjalanan? Atau setiap kali melakukan perjalanan jauh, kamu selalu mengalaminya? Dalam Teknokra.id kali ini, saya akan membagikan pengalaman terkait cara saya mengatasi mabuk kendaraan.

Jadi, apa sih mabuk kendaraan atau mabuk perjalanan itu? Mabuk kendaraan adalah kondisi yang diakibatkan oleh gerakan yang tak menentu selama perjalanan. Baik akibat gerakan disekitar atau akibat sinyal yang dikirimkan oleh anggota tubuh tidak bisa dicerna baik oleh otak. 

Mabuk Kendaraan dan Cara Mengatasinya


Mabuk kendaraan biasanya diakibatkan ketika kamu sibuk melihat suatu objek yang bergerak, namun tubuhmu dalam kondisi diam. Sehingga, otak akan kesulitan menerima sinyal apakah kamy sedang bergerak atau diam. Selain itu, kendaraan gang bergoyang dan berhenti secara tiba-tiba juga akan memicu rasa mualmu bertambah.

Yups, mabuk kendaraan akan identik dengan rasa pusing, mual, sampai muntah. Meskipun dalam penjelasan secara medis terdapat beberapa gejala yang menandakan kamu mabuk kendaraan, tetap saja gejala tersebut dapat berbeda dari orang lain. 

Gejala tersebut bisa di awali dari kepala pusing, perut yang mulai terasa kembung, produksi air liur yang lebih banyak dari biasanya, rasa asin pada air liur, mual dan pada akhirnya akan muntah. Namun, kamu masih bisa menahannya agar tidak muntah selama mabuk kendaraan.

Mabuk kendaraan biasa terjadi saat kamu berpergian menggunakan kendaraan seperti mobil, bus, kapal laut, pesawat terbang, dan kereta api. Tetapi, tidak semua orang mabuk pada semua jenis kendaraan. Bisa jadi kamu hanya mabuk darat, tetapi tidak dengan mabuk laut, atau sebaliknya.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan cara tersendiri untuk mengatasinya loh. Walaupun demikian, Teknokra.id akan coba memberikan beberapa cara mengatasi mabuk kendaraan yang mungkin cocok untuk kamu dan bisa kamu coba.

1. Ketahui kapan mabuk kendaraanmu muncul

Yups, sebelum mengatasinya, kamu perlu mengetahui kapan sih gejala mabuk kendaraan mu muncul? Apakah ketika kamu melihat suatu objek selama diperjalanan? Atau karena hal lain?

Kamu bisa mencoba melihat pada satu titik lurus di depanmu. Hal ini bisa kamu lakukan jika merasa mabuk akibat melihat pemandangan sekitar, seperti pohon yang berlalu dengan cepat, karena melihat ponsel, membaca buku, atau karena melihat orang lain di sekitarmu. Mabuk kendaraan juga bisa disebabkan karena AC, bau mesin kendaraan, ataupun bau yang ada di sekitarmu.

2. Pastikan kamu sedang dalam kondisi sehat

Hal dasar yang cukup penting selanjutnya adalah dengan memastikan kondisi kesehatanmu. Jika kamu merasa sedang dalam kondisi kurang enak badan, alangkah baiknya kamu menunda perjalananmu. Karena hal ini akan menyebabkan kamu semakin mudah mengalami mabuk kendaraan. Namun, jika memang kamu harus pergi hari itu juga, usahakan kamu berobat dan beristirahat sebelum berpergian.

3. Makan dahulu sebelum berpergian

Meskipun sebagian orang berpikir ini hanya akan menyebabkan kamu lebih mual, tetapi cara ini cukup efektif. Jika kamu pergi dalam keadaan perut kosong, justru akan menyebabkan terjadi tekanan yang berlebih pada pencernaanmu. Kamu akan merasakan sakit akibat tidak ada makanan yang bisa dicerna oleh sistem pencernaanmu. Hal ini tentunya akan mengakibatkan kamu lebih cepat merasa mual. Dan mual yang timbul saat perutmu sedang kosong akan lebih terasa menyakitkan dan sulit ditahan.

4. Minum obat antimabuk

Yang keempat adalah meminum obat antimabuk. Cara ini adalah cara yang paling dasar. Ketahui mana obat antimabuk yang paling cocok untuk kamu. Kamu bisa meminum obat antimabuk sekitar 1-2 jam sebelum melakukan perjalananmu. Obat antimabuk akan membuat kamu lebih cepat mengantuk dan mengurangi rasa mualmu. Tapi tidak menutup kemungkinan kamu akan tetap mabuk ya. Karena tidak semua obat antimabuk akan efektif pada sebagian orang.

5. Hindari membaca buku dan melihat ponsel

Jika obat antimabuk tidak mempan, kamu bisa mencoba cara yang satu ini. Yups, kamu harus menghindari aktivitas seperti membaca buku dan melihat ponsel yang bsia menyita fokusmu. Melihat ponsel dan membaca buku hanya membuatmu semakin merasa pusing dan mual.

6. Tidur

Yups, tidur adalah cara yang paling efektif menahan mabuk kendaraan. Jika kamu tertidur, kamu tidak akan menyadari sudah sejauh apa perjalananmu berlalu dengan damai. Selain menghilangkan penat, tidur juga membuatmu tidak merasakan mual karena otak dan tubuhmu sepenuhnya sedang beristirahat.

7. Mendengarkan musik

Jika kamu tidak bisa tidur, kamu juga bisa mendengarkan musik menggunakan earphone. Hal ini cukup efektif untuk sebagian orang. Dengarkan musik favoritmu dan pejamkan matamu. Atau kamu juga bisa melihat pada satu titik sambil mendengarkan alunan musik.

8. Makan makanan ringan

Kamu juga bisa mencoba makan-makanan ringan. Pilih makanan ringan yang sekiranya membuatmu mengurangi rasa mualmu. Makanlah makanan ringan yang memiliki citarasa pedas atau asam. Jangan memilih makanan manis, karena kamu akan lebih mudah mual.

9. Minum minuman rasa

Kamu juga bisa mulai mencoba memilih minuman rasa yang sesuai untukmu. Minuman ini bisa mencegah kamu merasakan mual. Bahkan, ketika kamu merasa mual, dengan meminum minuman tersebut akan membantumu menahannya. Minum air biasa pada umumnya tidak akan menahan rasa mualmu. Jadi, cobalah meminum minuman yang bercitarasa asam manis. Hindari yang memiliki rasa sangat manis.

10. Gunakan masker dan minyak angin

Yups gunakanlah masker untuk mencegah bau yang menyebabkan rasa mualmu makin bertambah. Kamu juga bisa mengoleskan sedikit minyak angin pada maskermu. Gunakanlah minyak angin aromaterapi agar lebih nyaman. Selain itu, saat kamu mulai merasa mual, cobalah oleskan minyak angin tersebut pada perut dan juga lehermu. Kamu juga bisa mengoleskan sedikit pada pelipismu. Hal ini akan cukup membantu untuk mengurangi mabuk kendaraanmu.

11. Duduk dekat jendela dan matikan pendingin pada kendaraan

Mematikan pendingin pada kendaraan adalah salah satu cara yang bisa kamu coba. Beberapa orang merasa lebih cepat mual jika mencium aroma pendingin ruangan. Selain itu, rasa dingin yang ditimbulkan juga akan membuat suhu tubuhmu menjadi lebih dingin. Padahal, saat seseorang sedang merasa kurang enak badan, akan sangat nyaman jika menggunakan penghangat.Kamu juga bisa mencoba duduk di pinggir atau dekat dengan jendela agar mudah untuk bersandar.

Jika kamu menggunakan mobil pribadi, cobalah untuk mematikan pendingin dan membuka sedikit jendela kendaraan kamu. Angin sepoi-sepoi akan lebih nyaman dibandingkan pendingin pada kendaraan. 

12. Yakinkan dirimu

Terakhir adalah dengan meyakinkan dirimu bahwa kamu tidak akan mabuk kendaraan. Selain itu, setiap kali kamu merasa mual, berpikirlah bahwa kamu bisa menahannya. 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu coba. Jika cara di atas tidak efektif untukmu, cobalah cari hal lain yang membuat kamu merasa nyaman. Kenyamanan tersebut akan membantumu mengurangi efek mabuk kendaraanmu (Penulis: Dwindy Monica)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel