Pahami 6 Unsur VITAL Ini, Kamu akan Belajar untuk Mencintai Diri Sendiri

Teknokra.id - Mencintai diri sendiri adalah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, banyak faktor yang menghalanginya, seperti rasa ketidakpercayaan diri yang berlebih. 

Maka dari itu, kita harus selalu bisa menerima dan belajar untuk mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain. Ada 6 (enam) unsur VITAL yang harus dipahami seseorang agar lebih mudah untuk belajar mencintai diri sendiri.

Pahami 6 Unsur Vital Ini, Kamu akan Belajar untuk Mencintai Diri Sendiri

Berikut adalah keenam unsur tersebut.

1. Nilai (Value)

Temukan nilai yang ada pada dirimu, sesungguhnya kita tercipta begitu sempurna. Manusia memiliki akal budi yang bisa menilai mana baik dan buruknya suatu hal. 

2. Minat (Interest)

Setelah tahu nilai positif yang ada pada dirimu, kembangkan nilai itu dengan minat yang ada pada dirimu. Pastikan diri kamu melakukan kegiatan sesuai minat kamu, itu artinya kamu mencoba terbuka dan lebih mencintai diri sendiri.

3. Emosi (Temperament)

Untuk mencintai diri sendiri kamu harus pandai mengontrol emosi diri, selalu pancarkan sisi positif kamu kepada orang lain. Kendati demikian, kamu perlu jujur dengan apa yang sedang kamu rasakan. Coba mengekspresikan diri dengan sebenarnya yang kamu rasakan, jangan ditutup-tutupi.

4. Jam Biologis (Around the Clock Activities)

Mengetahui jam biologis yang baik untuk mengatur kegiatan kamu setiap harinya sangat penting. Karena hal ini dilakukan secara konsistensi, kamu harus memiliki jam tidur yang cukup, mengatur kegiatan produktif dengan waktu yang pas, dan lain sebagainya.

5. Misi dan Tujuan Hidup (Life Mission and Meaningful Goals)

Setiap manusia tentunya memiliki tujuan hidup atau rencana masa depannya masing-masing. Seseorang yang berjuang untuk misi dan tujuan hidupnya, itu berarti ia telah mengenal dirinya.

6. Kekuatan (Strength)

Dalam belajar mencintai diri sendiri, kemampuan kondisi fisik sangat diperlukan untuk peningkatan prestasi/nilai, minat, emosi, jam biologis, misi, dan tujuan hidup demi pengembangan yang ada pada diri kamu. Oleh karena itu, unsur terakhir ini sangat penting untuk menunjang ke-5 unsur lainnya.

Itu tadi 6 (enam) unsur VITAL yang ada pada diri kita dan perlu untuk kamu pahami supaya dapat lebih mencintai diri sendiri. Setelah mengetahuinya kamu juga perlu menerapkan secara eksplisit kepada diri kamu (Penulis: Shaffa Riyadhul Jannah M.).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel