Menyusun Profil Linkedin bagi Mahasiswa

Teknokra.id - Siapa.yang belum tahu apa itu LinkedIn? LinkedIn merupakan platform yang bisa membantumu dalam mengembangkan atau menentukan pekerjaanmu.

Pada artikel kali ini akan membahas tips supaya tampilan LinkedIn terlihat profesional untuk bersiap memasuki dunia kerja atau keperluan mahasiswa. Karena memiliki akun LinkedIn sejak mahasiswa bukanlah hal yang tidak biasa. Saat ini LinkedIn bisa memperluas jaringan pertemanan secara digital, mengetahui informasi terkait dengan ranah profesional seperti dunia kerja dan memamerkan portofolio keahlian secara profesional.

Menyusun Profil LinkedIn bagi Mahasiswa

Sekarang ini adalah waktu yang tepat untuk kamu membuatnya. Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan untuk dicantumkan pada LinkedIn.

1. Profil

Seperti CV digital, kamu wajib melengkapi profil LinkedIn pada setiap bagiannya. Semakin lengkap profil yang dilengkapi semakin besar pula kemungkinan profil LinkedIn kita muncul pada mesin pencarian. Pada profil gunakanlah foto yang merepresentasikan diri kita, pilih foto yang proper atau formal.

2. Headline dan Summary yang Menarik

Profesional headline terletak pada bagian atas profil dengan limit 120 karakter. Sebagai mahasiswa, kamu bisa menuliskan statusmu di universitas, minat, bakat kelebihan, serta tujuanmu agar memberikan kesan yang baik.

3. Pendidikan

Cantumkan sekolah/universitas dan jurusan tempat kamu mengenyam pendidikan. Kamu tidak perlu malu di manapun kamu bersekolah. LinkedIn merupakan wadah yang tepat untuk menampilkannya.

4. Resume 

Pada paragraf pertama, kamu bisa menjabarkan siapa dirimu. Sertakan pengalaman organisasi ataupun kegiatan yang sesuai dengan profilmu. Kamu juga bisa membuat resume yang ringkas, percaya diri, efektif dan informatif.

5. Pengalaman/Rekomendasi 

Rekomendasi bisa diisi oleh partner atau dosen yang pernah bekerja sama denganmu. Kamu juga bisa mengisinya dengan pengalaman kegiatan organisasi kampus dengan menjabarkan secara singkat peranmu disana.

6. Posting

Kamu bisa mengunggah karya atau portofoliomu dalam bentuk tulisan, desain, dan lainnya. Ini merupakan salah satu cara terbaik agar profil LinkedIn kamu semakin terlihat profesional.

Nah, itulah beberapa tips untuk menyusun profil LinkedInmu. Semoga membantu (Penulis: Ruweisha).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel