Ketahui Beberapa Penyebab Orang Ekstrovert Menjadi Introvert

Teknokra.id - Siapa nih guys yang merasa kalau dirinya ekstrovert? Ada yang beranggapan bahwa orang ekstrovert itu asik banget buat diajak ngobrol loh!

Misalnya mau minta tolong atau bantuan gitu juga enak karena orangnya terlalu terbuka banget. Tapi kalian tau gak sih kalau orang yang ekstrovert bisa berubah menjadi introvert? 

Ketahui Beberapa Penyebab Orang Ekstrovert Menjadi Introvert

Ehh.. emangnya bisa ya orang ekstrovert berubah menjadi introvert? Jawabannya bisa dong.

Nih, Teknokra.id sudah merangkum hal-hal apa saja yang bisa membuat orang ekstrovert berubah menjadi introvert.

1. Sering dikucilkan (bully)

Ternyata tindakan bullying ini bisa berdampak buruk banget buat psikis dan kepribadian korbannya, guys! Orang ekstrovert yang sering mendapatkan perlakukan tidak menyenangkan atau tindakan bully, maka akan membuat orang tersebut menjadi pemurung, pendiam, dan kurang percaya diri.

2. Sering mendapatkan tekanan dari orang sekitarnya

Seorang ekstrovert bisa dibilang sebagai orang yang periang dan terbuka, pasti saja asyik diajak ngobrol. Tapi belum tentu semua orang akan nyaman, orang ekstrovert bisa jadi malah tertekan dengan perkataan dan sifat orang-orang yang hanya ingin didengar. Nah, hal itulah yang bisa mempengaruhi seseorang jadi pendiam dan berubah menjadi introvert.

3. Kerapkali melihat orang tua bertengkar

Seseorang dalam usia anak-anak yang sering melihat orang tuanya bertengkar, nantinya akan berpengaruh terhadap psikologisnya. Hal tersebut akan berdampak serius loh guys! Anak yang awalnya ceria dan periang, kemudian ia bisa menjadi lebih tertutup dan tidak ingin berbicara apapun terkait perasaannya.

4. Sering dimanfaatkan oleh orang lain

Ternyata seseorang yang terlalu terbuka dan ekstrovert itu mudah banget dimintain tolong. Tapi, sayangnya tidak jarang orang yang hanya ingin memanfaatkan kebaikannya si ekstrovert ini loh. Hal inilah yang dapat membuat seorang ekstrovert berubah menjadi tertutup dan sulit mempercayai orang lain.

5. Mengalami stres yang terlalu berat

Stres biasanya sering dialami oleh kebanyakan orang bukan? Terkadang, stres yang terlalu berat bisa menjadi pemicu seseorang yang tadinya ekstrovert menjadi pemurung dan tertutup, sehingga ia berubah menjadi introvert.

Tapi, bukan berarti orang introvert itu buruk ya guys! Eh... kalian tau gak sih, kalau Elon Musk dan Michael Jordan juga introvert?

Nah, ekstrovert dan introvert itu hanya dibedakan dari kepribadian seseorang saja. Orang yang memiliki kepribadian introvert juga bisa menjadi orang sukses loh, tergantung bagaimana orang tersebut mengendalikan sifat introvertnya itu (Penulis: Risa Amelia).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel