Etika yang Harus Diperhatikan Ketika Main Game Online Supaya Gak Toxic

Teknokra.id - Guys kalian pernah gak sih berniat main game bareng atau disingkat mabar untuk menghibur diri? Eh malah justru mendapat perlakuan dari player lain yang tidak menyenangkan dan malesin banget deh!

Memiliki etika baik itu yang utama ya, kalian jangan sampai bikin rugi diri sendiri atau player lain guys! Karena etika ini tidak hanya berlaku di kehidupan nyata (real life) aja lho, tetapi etika juga harus sangat-sangat diperhatikan ketika kalian main game secara online. Mungkin secara tidak sadar kalian pernah yaa toxic ketika main game online, hayoo ngaku!

Etika yang Harus diperhatikan Ketika Main Game Online Supaya Gak Toxic

Yuk ketahui etika apa saja yang harus diperhatikan ketika main game online supaya kalian tidak menjadi toxic!

1. Jangan lakukan diskriminatif dan rasis

Main game online ini emang bakal seru banget guys kalo dimaininnya rame-rame dan pasti asalnya dari mana aja. Tapi inget yaa guys, tidak semua orang itu berasal dari suku, agama, ras, dan adat istiada yang sama. Nah, kalian jangan sesekali melakukan diskriminatif dan rasis ya, karena itu juga termasuk dalam tindakan cyberbullying lho guys! Jadi, kalian harus tetap berhati-hati ya!

2. Harus sportif alias jangan nge-cheat

Guys kalian pernah denger gak sih anggapan bahwa “segala sesuatu yang didapatkan secara instan, pasti hilangnya juga akan instan"? Nah terlebih lagi kalau kalian main game online. Selain bisa membuat tidak menyenangkan, kemungkinan cepat atau lambat bisa-bisa kalian kena banned sama admin lho.

3. Jangan sampai lakukan spam chat

Guys pasti kalian ngerasa jengkel ya kalo ada orang yang tiba-tiba spam chat gak jelas! Selain mengganggu, pasti membuat kalian jadi tidak fokus ya buat main gimnya. Jangan iseng gitu ya guys!

4. Jangan mengatakan hal-hal yang kasar

Waduh guys! Kalo ini sih sering banget yaa kita denger dari kawan yang hobi banget main game online. Tetapi seharusnya jangan diterus-terusin, kalo bisa sih ditahan deh ya! Pastinya gak sopan ya dan gak enak banget didenger.

5. Jangan lupa mengucapkan terima kasih

Mengucapkan terima kasih memang sangat berguna untuk berbagai hal. Salah satunya ketika main game online atau mabar. Meskipun kata terima kasih itu sederhana, tetapi ini juga bisa menjadi apresiasi dan rasa saling menghargai. Sehinga suasana jadi nyaman deh!

Nah gimana nih guys? Jangan sampai kalian anggap sepele ya etika di atas! Karena dengan saling sama-sama menghargai, maka akan tercipta rasa nyaman dan hidup rukun (Penulis: Risa Amelia).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel