Ketahui Bahaya Menggunakan Earphone Saat Tidur

Teknokra.id - Hai sahabat Teknokra! Kalian pasti udah ga asing kan sama yang namanya earphone? Yups, earphone atau pelantang telinga dikatakan sebagai sepasang pengeras suara yang kecil, sehingga harus digunakan dekat dengan telinga. Earphone ini punya bentuk yang lebih kecil dari headphone/headset, jadi earphone bisa dikaitkan di telinga. 

Lalu, siapa yang suka mendengarkan musik menggunakan earphone saat hendak tidur? Memang cukup menenangkan ya, dan tentunya bisa membantu kamu untuk tidur. Tapi, menggunakan earphone saat hendak tidur bahkan hingga kamu tertidur itu sangat tidak baik ya untuk kesehatan.

Ketahui Bahaya Menggunakan Earphone Saat Tidur

Nah, langsung saja ini adalah beberapa bahaya menggunakan earphone saat tidur.

1. Mengganggu fungsi pendengaran

Yups, tentu saja bahaya yang pertama adalah penurunan fungsi pendengaran atau fungsi pendengaran yang terganggu. Mendengarkan musik menggunakan earphone hingga tertidur dapat memicu kerusakan sistem pendengaran akibat suara yang didengar dalam volume tertentu. Apalagi ketika kamu tertidur, kamu tidak menyadari seberapa lama kamu telah membiarkan suara itu tetap berbunyi di telingamu. Hal ini dapat mengakibatkan sel rambut pada kokleamu rusak dan pendengaranmu pun akan terganggu.

2. Telinga akan terinfeksi

Selanjutnya, menggunakan earphone saat tidur juga dapat membuat telingamu merasa nyeri, berdenging, gatal, bahkan rasa tidak nyaman lainnya. Inilah yang dikatakan sebagai infeksi telinga. Saat menggunakan earphone, sudah pasti bagian dalam telingamu akan bergesekan dengan earphone yang kamu gunakan. Jika digunakan dalam waktu yang lama, terlebih lagi jika kamu tertidur, tentu saja ini dapat melukai telingamu. Saat kamu tertidur, kamu tidak menyadari pergerakan apa yang kamu lakukan. Kemungkinan besar adalah earphone yang kamu gunakan akan bergerak dan bergesekan setiap kali kamu mengubah posisi tidurmu.

3. Tersumbatnya aliran udara

Tahukah kamu, saat menggunakan earphone akan menghalangi aliran udara pada telingamu? Hal ini dapat memicu kotoran telinga menumpuk dan mengeras di dalam telingamu. Selain menyebabkan infeksi, tentunya masalah ini dapat menyebabkan pendengaranmu semakin terganggu.

4. Kerusakan telinga

Fatalnya, menggunakan earphone saat tidur akan memicu kerusakan permanen pada telingamu. Tentu saja kamu memiliki resiko besar menjadi tuli mendadak. Parahnya, ini dapat terjadi pada remaja atau saat usia muda. Duh, waktu muda saja sudah gangguan telinga, bagaimana nanti ketika tua? Dipikirkan baik-baik ya guys resikonya. Siapa sih yang mau kehilangan pendengaran saat masih muda?

5. Memicu rusaknya otak

Nah, loh! Ini sih lebih fatal lagi. Yups, menggunakan earphone saat tidur bisa menyebabkan kerusakan pada otak. Kenapa demikian? Saat kamu tidur, otak harusnya dalam keadaan beristirahat. Namun, apa jadinya jika kamu mendengarkan musik menggunakan earphone

Benar sekali! Jawabannya adalah otakmu menjadi tidak sepenuhnya beristirahat. Saat kamu menggunakan earphone pada waktu tidur, otakmu menjadi tidak benar-benar beristirahat. Meskipun kamu dalam keadaan tidak sadar, tapi otakmu tetap harus menjalankan fungsinya dalam mengolah suara yang diterima. Duh-duh padahal otakmu juga butuh istirahat loh! Selain karena mengganggu waktu istirahat otak, gelombang elektromagnetik yang ada saat mendengarkan musik lewat earphone juga dapat merusak sel-sel pada otak.

6. Beresiko terjadinya nekrosis

Apa itu nekrosis? Nekrosis merupakan suatu kondisi yang disebut sebagai kematian jaringan dikarenakan adanya tekanan dari benda asing secara terus-menerus. Saat kamu menggunakan earphone terlalu lama, jaringan pada telingamu juga akan tertekan dalam waktu yang lama. Inilah yang menyebabkan kamu mengalami kematian pada jaringan.

Nah, itulah beberapa bahaya menggunakan earphone saat tidur. Jadi, jangan biasakan untuk melakukan ini ya. Berikan waktu pada otak dan telingamu untuk beristirahat juga (Penulis: Dwindy Monica).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel