Ketahui Alasan Kenapa Kenangan Memalukan Sering Muncul Tiba-Tiba

Teknokra.id - Hai sahabat Teknokra! Kamu pernah ga sih tiba-tiba keinget kenangan yang memalukkan? Walau udah terjadi bertahun-tahun lalu, tapi tiba-tiba muncul dipikiran tanpa kalian ingat-ingat sendiri.

Belum lagi setiap ingatan memalukan itu muncul, kamu juga sering merasakan rasa kesal, marah, malu sendiri, bahkan sampai mengumpat secara tidak sadar. Kenapa sih hal seperti ini bisa terjadi?

Ketahui Alasan Kenapa Kenangan Memalukan Sering Muncul Tiba-Tiba

Sebenarnya untuk alasannya ternyata belum pasti loh! Tapi kalau menurut Profesor Psikologi University of Hertfordshire, Lia Kvavilashvili dan Profesor Psikologi University of California San Diego, George Mandler, kenangan memalukan itu muncul saat kamu tidak sedang terlalu fokus. Lalu kenapa harus kenangan buruk atau memalukan? Hal ini dikarenakan kenangan memalukan memiliki fungsi rahasia.

Penjelasannya adalah karena kamu sebagai manusia yang merupakan makhluk sosial dan membutuhkan teman. Jadi, ingatan akan kenangan memalukan itu ibarat menjadi alarm pengingat kamu agar tidak mengulangi kesalahan yang sama dan agar kamu tidak dijauhi oleh teman-temanmu. Akan tetapi, dalam kasus yang parah, hal ini juga bisa berdampak menjadi traumatis.  

Ketika kamu dibayang-bayangi oleh kenanganmu tersebut, bisa saja kamu akan mengalami gangguan mental seperti kecemasan, emosi tidak stabil, depresi, hingga halusinasi yang membahayakan dirimu. Jadi, kamu harus bisa berdamai dengan masa lalumu dan memperbanyak kenangan yang lebih menyenangkan ya.

Lalu, dalam ilmu medis juga, kenangan memalukan yang muncul tiba-tiba ini punya diagnosa sendiri loh! Jadi kondisi semacam ini bisa disebut dengan PTSD. Eitss, tapi masa iya sih kondisi seperti ini saja termasuk PTSD? Jadi gini guys, Post Traumatic Stress Disorder merupakan kondisi gangguan mental yang bisa saja muncul setelah kamu mengalami kejadian yang memicu trauma hingga menyebabkan stres. Namun, kejadian di sini lebih pada kejadian seperti kecelakaan, korban kejahatan, korban bencana, dan lainnya.

Jadi, jika melihat dari permasalahan seperti kenangan memalukan yang muncul tiba-tiba, kemungkinan besar bukan PTSD. Perlu diketahui bahwa PTSD dapat muncul akibat adanya pemicu. Akan tetapi, kenangan memalukan yang muncul tanpa sebab ini telah membuktikan bahwa PTSD bukanlah diagnosa yang tepat. Kondisi ini lebih merujuk pada kenangan buruk biasa dan merupakan hal yang wajar. 

Jadi, tenang saja ya guys. Karena ini bukanlah kondisi gangguan mental yang serius. Kamu memang wajar untuk teringat akan kenangan memalukan tersebut ketika sedang melakukan aktivitas sehari-hari, seperti saat hendak tidur. Ini kemungkinan hanyalah penyesalanmu akan masa lampau yang menandakan kamu belum berdamai dengan kondisi tersebut.

Maka, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu hanya perlu berdamai dengan waktu. Cobalah untuk merelakan dan mengikhlaskannya. "Ya sudahlah, itukan hanya salah satu kejadian di masa lalu yang terjadi dalam hitungan detik. Lupakan saja." Ingatan memalukan ini akan hilang dengan sendirinya seiring waktu berjalan (Penulis: Dwindy Monica).




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel