Contoh Kosakata Bahasa Asing yang Diserap ke Dalam Bahasa Baku Indonesia

Teknokra.id - Pernah gak sih ketika kamu sedang di jalan atau berada di tempat-tempat tertentu dan melihat tulisan yang memiliki kata seperti bahasa asing atau sejenisnya? Jika iya, itu tandanya kamu cerdas lho dalam menganalisis dan melihat keadaan sekitar. 

Namun dalam pembahasan kali ini, aku akan lebih berfokus pada beberapa contoh kosakata bahasa asing yang diserap ke dalam bahasa baku Indonesia. Mari kita simak yuk penjelasannya!

Contoh Kosakata Bahasa Asing yang Diserap ke Dalam Bahasa Baku Indonesia

Jus

Jus, berasal dari bahasa Inggris juice, atau lebih tepatnya fruit juice. Jus diartikan sebagai cairan alami yang terdapat pada buah-buahan. Kosakata ini diserap dengan cara melalui metode adaptasi, yakni proses penyelarasan berbicara atau pengucapan seseorang sehingga mengalami perubahan dalam pengejaan, pengucapan, dan penulisannya.

Kopi

Kopi, besar kemungkinan diadaptasi dari istilah Arab melalui bahasa Belanda koffie. Dugaan ini merupakan alasan yang paling logis. Mengapa? Alasannya adalah karena Belanda merupakan negara yang pertama kali membuka perkebunan kopi di Indonesia. Oleh sebab itu, kata kopi dalam bahasa Indonesia merupakan bentuk penyerapan dengan metode adaptasi, karena seiring berjalannya waktu, bentuk pengucapan, pengejaan, dan penulisan berubah.
 
Burger atau Hamburger
Burger atau Hamburger adalah sejenis makanan cepat saji. Hamburger sendiri berasal dari kota Hamburg di negara Jerman. Kemudian kata hamburger diserap ke dalam kosakata Indonesia melalui metode adopsi atau pengambilan.

Spesial

Spesial, berasal dari bahasa Inggris special yang artinya istimewa. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), spesial memiliki arti khusus, istimewa, dan khas. Kosakata ini diserap ke dalam bahasa Indonesia melalui metode adaptasi atau penyesuasian. Penyesuain pengucapan, pengejaan, dan penulisan. 

Klinik

Klinik, merupakan salah satu kosa kata Indonesia yang diserap dari bahasa asing yakni clinic dari bahasa Inggris. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), klinik memiliki arti bagian rumah sakit atau lembaga kesehatan tempat orang berobat dan memperoleh advis medis serta tempat mahasiswa kedokteran melakukan pengamatan terhadap kasus penyakit yang diderita pasien. Melalui metode adaptasi, klinik dijadikan sebagai kosakata bahasa Indonesia.
 
Itulah beberapa contoh yang bisa Teknokra.id sajikan. Semoga dengan adanya ini kamu dapat lebih paham dan pintar dalam mengetahui mana kosakata bahasa asing yang diserap ke dalam bahasa baku Indonesia (Penulis: Fauzan Muhammad Al Hazmi).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel