Kenali Inner Child : Sisi Lain yang Ada pada dalam Diri yang Wajib Kamu Ketahui

Teknokra.id - Hola Guys! Pada artikel ini akan membahas seputar inner child. Kalian pasti bertanya-tanya nih... inner child itu apasih? Kalo misalkan inner child seseorang terluka itu gimana sih?

Inner child adalah sisi lain dari kepribadian diri yang masih bisa dibilang “kekanak-kanakan” yang terbentuk dari berbagai peristiwa yang terjadi ketika masih kecil. Inner chil ini terbentuk dari berbagai peristiwa yang pernah kamu alami, baik peristiwa yang menyenangkan maupun peristiwa yang menyakitkan atau menakutkan. Inner child ini akan berpengaruh terhadap cara merespon dalam mengatasi suatu permasalahan. 

Kenali Inner Child : Sisi Lain yang Ada pada dalam Diri yang Wajib Kamu Ketahui

Misalnya, apabila seorang anak dibiarkan tumbuh dengan mendapatkan sikap pengabaian, kekerasan, dan hal menyakitkan, maka akhirnya inner childnya akan terluka. Begitu juga sebaliknya ya!

Dr. Nicole LePera merupakan Psikolog Holisik dari Philadelphia Amerika serikat, pernah mengatakan bahwa: Apabila ketika kamu waktu kecil dulu, kamu terbiasa mendapatkan atau menerima segala sesuatunya tanpa mempertanyakan ulang. Maka, pada akhirnya segala perkataan yang diucapkan oleh orang tua akan kamu anggap sebagai “label”.

Dengan demikian, pastinya kamu akan merasa sedih ya! Orang tua yang seharusnya dipercaya menjadi tempat paling aman untuk dirimu, tapi ternyata secara tidak sadar malah meninggalkan rasa trauma yang bisa kamu bawa hingga tumbuh dewasa loh guys. Sedih banget kan!☹

Lalu gimana sih cara menyembuhkannya?

Ketika inner child kamu terluka, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenali dan memvalidasi atau mengakui perasaan tersebut ya guys! Kenapa sih kita harus melakukan hal itu? Dikarenakan kamu tidak bisa menyembuhkan sesuatu tanpa mengetahui hal apa yang membuat kamu sakit.

Setelah kamu lakukan hal di atas, kemudian kamu bisa menerapkan hal-hal di bawah ini juga ya:

1. Cobalah kamu tulis hal-hal atau peristiwa yang telah menyakiti dirimu. Setelah itu, maka kamu akan mengetahui hal apa saja yang sudah membuat dirimu sakit.

2. Kenali kebutuhan-kebutuhan batin yang ada pada dalam diri yang belum sempat kamu penuhi. Dikarenakan setelah kamu mengetahui dan mengenali kebutuhan batinmu yang belum terpenuhi, kamu bisa mulai memenuhinya satu demi satu agar inner childmu membaik.

3. Yuk mulai untuk melakukan self care dengan cara sederhana, dengan kamu setiap hari mengucapkan “Kamu berharga, kamu istimewa, dan kamu berhak untuk bahagia”.

4. Apabila hal-hal tersebut belum mampu memperbaiki inner childmu. Maka cobalah pergi ke psikolog untuk melakukan terapi, jika dirasa permasalahan tersebut benar-benar berat untuk dirimu.

Nah, jadi gimana guys kalian udah pada tau kan terkait seputar inner child. Jangan sampai ketika inner child kalian terluka dianggap sepele ya!

Semangat untuk aku, kamu, dan kalian! Semoga bisa sembuh yaa guys secara perlahan. Semoga artikel ini bisa membantu kalian ya! (Penulis : Risa Amelia).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel