Jangan Sepelekan! Lakukan 5 Hal Ini Setelah Kamu Begadang

Teknokra.id - Begadang alias tidak tidur semalaman merupakan hal yang tidak dianjurkan, kecuali kamu memiliki jadwal pekerjaan di malam hari. Setelah kita melakukan banyak aktivitas di siang hari,  energi yang kita keluarkan cukup banyak sehingga membuat diri kita cepat lelah dan lemas.  

Untuk itu saat malam hari kita perlu istirahat dengan menggunakan waktu tidur yang cukup.Kebutuhan tidur umumnya berbeda-beda pada setiap individu, tergantung usia, aktivitas dan kondisi kesehatan yang dimiliki. 

Jangan Sepelekan!  Lakukan 5 Hal Ini Setelah Kamu Begadang

Waktu tidur yang baik di malam hari yaitu 
  • Anak sekolah (6–13 tahun) : 9–11 jam per hari. 
  • Remaja (14–17 tahun) : 8–10 jam per hari. 
  • Dewasa muda (18–25 tahun) : 7–9 jam per hari. 
  • Dewasa (26–64 tahun) : 7–9 jam per hari.

Ketika begadang, waktu tidur sangat berkurang dan rasa kantuk pun akan sangat dirasakan ketika di pagi hari. Hal ini sangat mempengaruhi kesehatan tubuh, sehingga tubuh akan terasa lebih lemas dan tidak fokus dengan aktivitas selanjutnya. 

Dengan demikian, kamu dapat melakukan 5 hal ini untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh efek begadang agar tubuhmu tetap fit. 

1. Perbanyak minum air putih 

Selain minum kopi, cara terbaik setelah kamu begadang ialah minum air putih. Perbanyak minum air putih bisa menghilangkan rasa kantuk tanpa kopi. Karena setelah begadang tubuh mengalami dehidrasi dan kelelahan. Untuk itu perbanyaklah minum air putih. Air putih dapat menormalkan kembali sel-sel tubuh yang dehidrasi dan kelelahan. Kamu bisa minum air dingin agar lebih segar dan tidak mengantuk.

2. Berjemur di bawah sinar matahari 

Kamu juga dapat berjemur sejenak di bawah sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi dapat menghilangkan rasa kantuk dan tubuh terasa lebih tenang dan fokus. Maka dari itu, kamu dianjurkan untuk berjemur di bawah sinar matahari. 

3. Olahraga ringan

Melakukan olahraga ringan seperti jogging,naik-turun tangga, push-up, sit-up, bridge, dan wall-sit. Hal tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh setelah begadang. Kamu dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan setelah begadang agar darah dalam tubuh tetap mengalir dengan baik. Selain itu, olahraga juga bisa membantumu mengurangi stres.

4. Mandi pagi 

Mandi di pagi hari dapat membantu untuk menghilangkan kantuk. Bahkan, beberapa orang mengakui tidak perlu lagi untuk minum kopi atau teh pada pagi hari. Mandi pagi juga disebut bisa membantu meningkatkan kewaspadaan yang merupakan efek lanjutan dari hilangnya kantuk ini. Mandi pagi dengan air dingin juga dapat menjadikan tubuh lebih segar, sehingga dapat menimbulkan rasa semangat untuk menjalani aktivitas di siang hari. 

5. Tidur siang

Ketika kamu begadang pastinya jam tidur berkurang, dengan begitu untuk memaksimalkan jam tidur kamu dapat melakukannya dengan tidur di siang hari. Tidur siang jangan terlalu lama karena dapat membuat kamu terbangun dengan rasa lelah dan lemas. Sebaiknya manfaatkan tidur siang selama kurang lebih 20 menit agar dapat menghilangkan rasa kantuk dan lelah yang dialami. Untuk itu kamu dianjurkan tidur siang yang cukup setelah begadang.

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu lakukan agar tubuhmu tetap fit usai begadang. Meskipun demikian, begadang bukanlah hal yang baik ya. Jadi jangan dibiasakan ya (Penulis: Abelia Rahma Dini).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel