4 Hal Penting Menuju Lulus PTN 2022 Jalur SBMPTN (UTBK)

Teknokra.id - Jangan khawatir untuk kalian yang tidak masuk kategori siswa eligible sehingga tidak berkesempatan mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022, karena masih ada jalur masuk PTN lainnya seperti jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Dengan mengikuti jalur SBMPTN itu artinya kamu wajib Ujian Teknologi Berbasis Komputer (UTBK). Tentu saja ada hal penting yang harus diperhatikan supaya dapat lulus PTN 2022 yang kamu dambakan.

4 Hal Penting Menuju Lulus PTN 2022 Jalur SBMPTN (UTBK)

Berikut 4 poin penting menuju lulus PTN 2022 Jalur SBMPTN (UTBK).

1. Perencanaan

Kamu harus membuat rencana untuk menuju PTN 2022, temukan minat kamu dan pastikan ingin ke-PTN mana, lalu cari tahu skor minimal UTBK yang lulus dari data penerimaan mahasiswa jalur SBMPTN tahun lalu. Hal ini sebagai acuan kamu di tahun 2022 untuk menargetkan skor UTBK yang harus kamu raih supaya lulus PTN impianmu.

Kamu juga harus pintar-pintar cari informasi terkait kuota yang diterima, keketatan lulus, passing grade, dan informasi lainnya tentang PTN yang ingin kamu tuju.

2. Sarana Belajar

Setelah membuat rencana dan telah menentukan ingin lanjut ke PTN mana, tentu kamu butuh sarana belajar untuk mempersiapkan UTBK, tidak perlu ikut les mahal-mahal, sebenarnya kamu cukup belajar mandiri memanfaatkan situs web pembelajaran dari youtube, apk gratis, kumpulan soal, dan sebagainya.

Adapula buku yang perlu kamu miliki dan pelajari saat sebelum menjelang ujian, yaitu buku wangsit (pawang soal sulit) atau king SBMPTN. Dan bagi kamu yang memilih lintas jurusan sangat disarankan untuk mempunyai buku SKS (sistem kebut semalam) IPA atau IPS supaya kamu mengejar ketinggalan materi selama 3 tahun di SMA.

3. Enjoy

Jangan selalu memaksa diri kamu untuk terus belajar sampai-sampai membuat dirimu lelah dan stres, jangan lupa kalau kita bukan robot. Kamu harus belajar dengan rasa nyaman sehingga waktu belajar yang kamu lalui akan lebih mudah dicerna. 

4. Konsistensi

Poin terakhir yang sulit untuk diterapkan para pejuang ujian adalah konsistensi dalam belajar dan fokus akan tujuan. Ketika kamu sudah menemukan jadwal belajar dan rasa nyaman usahakan untuk konsisten hingga ujian menjelang. Jangan cepat berpuas diri, tetap selalu haus informasi, ilmu, dan pengetahuan.

Itu tadi 4 poin penting yang perlu para pejuang UTBK ketahui, apapun hasilnya kamu sudah berusaha semaksimal mungkin, sekalipun gagal bukan berarti kamu menyesali ‘masa-masa ambis kamu’ melainkan sebagai semangat baru untuk meraih yang lebih pantas (Penulis : Shaffa Riyadhul Jannah. M).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel