Tips Mengubah Resolusimu Setiap Tahun Agar Tak Hanya Sekadar Wacana Belaka

Teknokra.id - Di awal pergantian tahun selalu dipenuhi dengan kata “Resolusi”. Sudah menjadi budaya setiap orang untuk membuat resolusi setiap tahunnya.

Tetapi, apakah kamu tahu sebenarnya resolusi tahun itu apa sih? Melihat dari definisinya sendiri, resolusi tahun merupakan sebuah harapan, tuntutan bahkan permintaan yang ingin tercapai di setiap tahun. Namun, apakah resolusimu di setiap tahunnya sudah terpenuhi atau mungkin sebaliknya yang hanya selalu menjadi wacana belaka, bahkan angan-angan saja.

Tips Mengubah Resolusimu Setiap Tahun Agar Tak Hanya Sekadar Wacana Belaka

Berikut tips mengubah resolusimu agar bisa terwujud dan tidak hanya menjadi wacana belaka khususnya di tahun 2022 ini.

1. Ciptakan resolusi sesuai dengan kemampuan

Menciptakan resolusi yang masuk akal yang sekiranya bisa dijangkau oleh kemampuan diri sendiri. Terkadang, kamu membuat resolusi yang terlalu berlebihan sehingga sulit dijangkau dan di luar kemampuan dirimu. Hal tersebutlah yang menjadi salah satu penyebab resolusimu tidak terwujud. Mulai saat ini cobalah untuk membuat resolusi yang mudah kamu capai ya!

2. Mencatat dan membagikan resolusi kepada orang terdekat

Terkadang lupa adalah suatu hal yang menghambat terwujudnya resolusi. Untuk itu dengan mencatat resolusi setiap tahunnya, kamu menjadi tahu resolusi yang ingin dicapai. Kemudian, jika kamu lupa, maka orang-orang terdekatmu yang akan membantu mengingatkan resolusi yang sudah dicatat untuk segera diwujudkan.

3. Hindari menunda-nunda untuk mewujudkan resolusi

Berusahalah untuk selalu menjalankan suatu tindakan tanpa mengulur waktu. Biasanya seseorang menyepelekan waktu yang ia anggap panjang untuk mewujudkan resolusi. Namun, ia terlena. Karena dalam proses pencapaian resolusi pasti ada berbagai rintangan, jika kamu menyepelekan waktu, maka waktumu tersebut akan terbuang sia-sia. Cobalah untuk mendahului hal yang jauh lebih penting seperti resolusi di atas kepentingan yang lain.

4. Menciptakan resolusi dari dalam diri

Hal yang membuat resolusi tak kunjung tercapai yakni menciptakan resolusi di luar keinginan diri sendiri. Dalam kata lain, memenuhi keinginan orang terdekatmu. Ciptakanlah resolusi sesuai dengan keinginanmu sendiri, karena diri sendiri yang tahu bagaimana pencapaian ke depannya dan akan jauh lebih mudah untuk mewujudkan resolusimu. Tanamkan kepercayaan dirimu, yang sudah pasti terpercaya dan dapat diandalkan.

5. Menciptakan pola pikir yang sehat dan positif

Pola pikir atau mindset sangat berpengaruh terhadap cara bertindakmu dalam mewujudkan resolusi. Semakin memiliki pola pikir yang sehat dan selalu positif, maka kinerjamu untuk mewujudkan resolusi akan lebih baik hingga tercapai. Untuk itu, mulailah dengan membuat pertimbangan sebab–akibat.

6. Hindari pengaruh buruk atau negatif

Perkataan dan tindakan orang lain yang memberikan dampak negatifnya adalah pemicu resolusi terhambat. Untuk itu selalu menghindari keadaan yang berdampak buruk pada mentalmu dan menghambatmu melakukan suatu hal yang positif.

7. Memberikan jeda

Dalam proses mencapai resolusi, tentu kamu mungkin akan merasa bosan dan lelah. Ada kalanya kamu memerlukan istirahat agar tak jenuh saat proses mencapai resolusi, dengan memberikan jeda pada seluruh anggota tubuh serta pikiran supaya lebih segar dan prima.

8. Konsisten dan fokus dengan tujuan mewujudkan resolusi

Dalam mewujudkan resolusi, kamu harus konsisten dan fokus untuk mencapai tujuan tersebut dengan berusaha mewujudkan semua resolusi yang sudah kamu buat dengan sebaik-baiknya. Abaikan semua hal yang menghambat kamu berproses untuk mewujudkan resolusimu.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat Teknokra.id berikan padamu. Rasa lelah dan bosan adalah bagian dari proses yang kamu jalani. Rasa itu sebagai pertanda kamu untuk rehat sejenak, bukan untuk berhenti. Selamat Tahun Baru 2022. Wujudkan resolusimu di setiap tahunmu yang baru! (Penulis: Sepbrina Larasati).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel