Tips Mengatasi Rasa Benci Terhadap Hari Senin

Teknokra.id - "Semoga harimu selalu Senin"
Kalimat di atas mungkin sering terdengar atau terbaca oleh kalian. Kalimat ini seolah menunjukkan betapa sialnya jika kalian mendapati hari Senin. Bagi sebagian orang memang hari Senin terasa sangat menyebalkan untuk dijalani. Mungkin kalian tidak menyadari mengapa hal tersebut dapat terjadi.

Pertama, hari Senin adalah hari pertama dalam sepekan. Bagaimana tidak menyebalkan, sehari sebelum hari Senin adalah hari yang paling menyenangkan yaitu hari Minggu. Setelah kalian bersenang ria di akhir pekan, tiba-tiba dihadapkan pada kondisi yang mengharuskan fokus.

Tips Mengatasi Rasa Benci Terhadap Hari Senin

Kedua, aktivitas rutin Senin yang membosankan. Bagi anak sekolah, Senin adalah hari yang paling ribet karena adanya upacara bendera. Sedangkan untuk kalian yang bekerja, hari Senin mungkin akan disibukkan dengan rapat atau laporan mingguan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa benci terhadap hari Senin?

1. Memanfaatkan libur akhir pekan dengan sewajarnya

Memanfaatkan hari libur dengan berlebihan bisa membuat kalian merasa malas dan capek untuk memulai hari baru di awal pekan. Manfaatkanlah waktu libur dengan aktivitas-aktivitas bermanfaat yang tidak menguras banyak tenaga dan waktu, sehingga kalian masih memiliki energi untuk memulai hari baru di hari Senin.

2. Menyelesaikan pekerjaan yang tertumpuk di pekan sebelumnya

Hari Senin mungkin terasa tidak menyenangkan karena kalian mendapat tugas yang baru lagi. Ditambah tugas pekan lalu yang masih menumpuk membuat kepala semakin sakit. Solusinya, kalian bisa memanfaatkan waktu libur akhir pekan dengan menyelesaikan tugas yang mungkin saja masih tertinggal atau menumpuk. Dengan begitu, kalian akan merasa lebih siap untuk menjalani tugas baru di awal pekan.

3. Self reward di hari Senin

Ide ini mungkin terdengar aneh, karena biasanya sebagian orang memberi dirinya 'penghargaan' di akhir pekan. Kalian bisa mencoba hal baru dengan memberi self reward di awal pekan untuk menyemangati keadaan. Kalian bisa melakukan hal-hal sederhana seperti merencanakan makan siang spesial untuk hari Senin.

4. Membuat notes atau list pekerjaan

Kalian dapat membuat to do list dengan menarik di hari Senin. Tulis semua hal-hal yang akan kalian lakukan dalam seminggu dan tulis juga deadline-nya. Hal ini bisa membuat kalian merasa lebih siap dan bersemangat untuk memulai hari dalam seminggu.

5. Tidur lebih cepat dan jangan lupa sarapan

Hari libur di akhir pekan jangan sampai membuat kalian terlena untuk bermain-main dan menghabiskan waktu. Tetap atur waktu tidur kalian, jangan sampai kalian kekurangan istirahat di Minggu malam sehingga kalian bangun kesiangan di hari Senin. Di hari Senin, jangan lupa luangkan waktu untuk mengisi perut di pagi hari.

Nah itu tadi beberapa tips untuk mengatasi rasa benci kalian terhadap hari Senin. Semoga berhasil! (Penulis: Antuk Nugrahaning Pangeran).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel