Inilah Kebiasaan Buruk Anak Kos yang Wajib Kamu Hindari!

Teknokra.id - Tinggal di kos-kosan adalah salah satu pilihan saat kita perlu beraktivitas jauh dari rumah. Misalnya seperti pelajar, mahasiswa, bahkan pekerja rantauan.

Tinggal di kosan dan jauh dari orangtua tentunya menjadi salah satu jalanmu menuju kemandirian. Namun, sering juga tinggal dikosan menjadi alasan kamu untuk bermalas-malasan.

Inilah Kebiasaan Buruk Anak Kos yang Wajib Kamu Hindari!

Lalu, tahukah kamu sebagian besar anak kos sering melakukan hal ini, entah sadar ataupun tidak? Nah, inilah kebiasaan buruk anak kos yang wajib kamu hindari mulai sekarang.

1. Makan makanan cepat saji

Yups, ini yang paling umum dan sering kita temui. Terlebih lagi jika kondisi keuangan sudah minim, makanan ini akan menjadi salah satu target untuk menghilangkan lapar. Makan makanan cepat saji, salah satunya adalah mi instan tentu saja tidak baik loh untuk kesehatan kamu. Apalagi jika dikonsumsi secara terus menerus. Terlalu banyak atau terlalu sering makan mi instan dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatanmu loh. Seperti gangguan pencernaan, stroke, obesitas dan diabetes bisa saja kamu alami. 

Hal ini dikarenakan mi instan mengandung serat, nutrisi, natrium, kalori dan karbohidrat yang apabila dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk. Belum lagi jika mengonsumsi mi instan hanya membuatmu lekas lapar dan merasa haus. Makanan cepat saji juga biasanya memiliki cita rasa yang cukup kuat karena menggunakan penyedap rasa yang cenderung berlebihan. Jadi, sebaiknya kamu kurangi ya untuk makan makanan cepat saji.

2. Jajan atau membeli makanan dari luar

Nah ini juga sering kan kamu lakukan sebagai anak kos? Jajan atau makan makanan dari luar juga jangan dibiasakan ya. Selain menghabiskan uangmu, makan makanan dari luar juga belum tentu sehat loh. Kamu tidak tahu bagaimana cara penjual tersebut membuat makanannya. Kamu boleh kok jajan, tapi jangan terlalu sering ya. 

Pikirkan tujuanmu menjadi anak kos itu apa, jangan menghabiskan uang hanya untuk menjelajahi kuliner saat kamu sendiri sedang minim budget. Alangkah baiknya jika kamu belanja sayuran, beras atau bumbu masakan lain dan masak sendiri di kosan. Ini tentu saja lebih menyehatkan dibanding kamu membeli makanan dari luar.

3. Menahan lapar

Lain halnya dengan dua hal di atas, menahan lapar atau menunda makan sering anak kos lakukan saat minim keuangan ataupun saat malas untuk masak dan membeli makanan. Kamu lebih memilih untuk scroll gadget atau tidur agar tidak merasakan lapar. Namun, hal ini tidak baik loh karena bisa mengganggu kesehatan dan menurunkan tingkat konsentrasimu. Bagaimana jika di hari itu kamu ada agenda yang melelahkan. 

Memang lapar tidak akan terasa saat beraktivitas. Kamu cenderung menunda makan dengan bicara bahwa sudah kenyang. Namun, setelah usai kamu akan merasa lelah berlebihan karena seluruh energimu terkuras habis. Maka, jangan pernah tinggalkan sarapan atau makan ya, meski hanya dengan secuil roti.

4. Mandi malam

Karena malas atau bisa juga karena aktivitas yang terlalu padat membuat anak kos sering mandi di malam hari. Walaupun menyegarkan dan dapat meningkatkan kualitas tidurmu, mandi di malam hari terlalu sering juga memiliki dampak buruk bagi kesehatanmu loh. Berbagai penyakit yang mungkin kamu rasakan karena terlalu sering mandi malam yaitu seperti rematik atau radang sendi, penuaan dini, asam urat, gangguan pada sistem metabolisme, pilek, demam, dan nyeri otot. Jadi, kurangi mandi di malam hari ya.

5. Pola tidur berantakan

Kamu sebagai anak kos yang jauh dari orangtua tentunya tidak ada yang berisik terkait waktu tidurmu kan. Kamu bebas tidur di pagi hari, malam hari atau dini hari. Bahkan kamu juga bisa tidur tanpa mengenal waktu. Apalagi jika memang hari itu sedang tidak ada agenda. Misalnya sudah bangun pagi untuk sholat subuh, lalu tidur lagi hingga adzan dzuhur menjelang. Hanya bangun untuk buang air kecil, atau makan, lalu tidur lagi. 

Contoh lain adalah setelah makan lalu tidur, atau bisa juga begadang (beraktivitas atau mengerjakan tugas di malam hari dan tidur di pagi harinya). Semua itu tidak baik dilakukan ya. Selain menurunkan konsentrasimu, hal ini juga bisa membuatmu mudah lupa dan mudah sakit. Kamu akan merasakan sakit kepala dan mata berkunang-kunang usai tidur yang tidak jelas waktunya ini. Kamu juga dibayangi oleh berbagai penyakit seperti serangan jantung, gagal jantung, stroke dan tekanan darah tinggi. Bahkan, detak jantungmu juga menjadi tidak beraturan. Jadi biasakan untuk mengatur pola tidurmu sebaik mungkin ya. Jangan terlalu sering tidur, tetapi jangan pula tidak tidur.

6. Main gadget seharian

Di era digital ini, jika sudah scroll sosial media pasti kamu tidak ingat waktu. Apalagi jika tidak ada kegiatan seperti perkuliahan ataupun pekerjaan. Anak kos tidak berhenti menatap layar ponsel atau laptopnya untuk sekadar melihat media sosial atau menonton drama, anime dan main game. Hal ini tidak baik tentu saja. Apalagi kamu sebagai mahasiswa yang memang harus menggunakan gadget setiap kali mengerjakan tugas. 

Maka sebaiknya jika ada waktu luang, kamu harus mengalihkan gadgetmu untuk sementara. Alih-alih bermain ponsel, alangkah baiknya jika kamu melakukan kegiatan produktivitas lainnya seperti merajut, menyulam, menulis, menggambar, bermusik ataupun hobimu yang lain. Kamu juga bisa menghilangkan bosan dengan pergi keluar sekadar untuk berjalan-jalan. 

7. Malas bersih-bersih

Kebiasaan buruk yang tidak lepas dari anak kos adalah malas bersih-bersih. Entah karena jadwal yang terlalu padat ataupun murni terasa 'mager' atau malas gerak. Walaupun sibuk sekalipun, kita harus sempat untuk bersih-bersih kosan ya. Kamu harus tetap rajin menyapu, mengepel, mencuci piring dan baju, juga membersihkan kamar mandi ya. Jangan sampai kamar kosanmu yang tidak terlalu besar itu tampak seperti kapal pecah. Selain tidak nyaman dilihat, bukankah kamar yang berantakan dan kotor juga baunya tidak sedap dan bisa menjadi sarang penyakit?

Nah itulah beberapa kebiasaan buruk yang sering anak kos lakukan. Walaupun jauh dari pengawasan orangtuamu, alangkah baiknya kamu tetap harus menjaga kesehatanmu. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jagalah pola tidur dan pola makanmu dengan baik. Olahraga setiap hari walau hanya sekadar jalan atau jogging di pagi hari.

Satu hal lagi, jangan buang waktumu untuk kegiatan yang tidak bermanfaat. Hanya karena jauh dari pengawasan, bukan berarti kamu bebas untuk melakukan hal yang tidak baik di luar sana. Kamu harus tetap bisa menjaga nama baikmu dan keluargamu ya (Penulis: Dwindy Monica).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel