Tips Memanajemen Waktu di Sela Kuliah Sambil Kerja

Teknokra.id - Halo sahabat Teknokra! Kuliah sambil kerja kini banyak diminati oleh  mahasiswa/mahasiswi. Kebanyakan dari mereka ingin mulai mandiri untuk bisa membiayai kuliah mereka agar mengurangi beban orang tua. 

Tak hanya itu kuliah sambil kerja membuat mereka menjadi lebih disiplin dan melatih skill yang mereka miliki. Jadi sudah tak heran banyak mahasiswa beranggapan bahwa bekerja akan menambah pengalaman yang berguna setelah lulus nanti. 

Tips Memanajemen Waktu di Sela Kuliah Sambil Kerja

Di balik banyaknya manfaat yang didapat ketika kuliah sambil kerja, tetap saja tak semua orang bisa menjalani antara kuliah dan bekerja dalam waktu yang bersamaan. Butuh pengorbanan dan kerja keras untuk bisa membagi waktu. Konsekuensi yang didapat akan lebih besar. Ketika kita menjalani kuliah sambil kerja, kita akan mengalami banyak hambatan seperti keteteran dan sulit membagi waktu antara kuliah dan kerja, sering merasa kelelahan, sering mengorbankan jam tidur, dan tak punya waktu untuk bersenang-senang dengan teman. 

Oleh karena itu, agar keduanya dapat berjalan dengan seimbang, ada beberapa tips mudah memanajemen waktu yang bisa dilakukan selama kuliah sambil kerja.

1. Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu 

Ketika kamu ingin kuliah sambil kerja, kamu harus memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Apabila kamu memilih pekerjaan sesuai dengan minat dan kemampuanmu, maka akan terasa lebih nyaman dalam bekerja. Hal ini disebabkan kamu tidak memiliki beban mental dan pikiran dalam bekerja, karena apa yang dikerjakan sesuai minat dan kemampuanmu. 

2. Mencari kerja shift sore-malam 

Bagi kamu yang baru saja ingin memulai kuliah sambil kerja, harus ada penyesuaian terlebih dahulu. Jadwal kuliah akan lebih padat dan dilaksanakan dari pagi sampai sore hari. Sedangkan, kebanyakan pekerjaan dilakukan dari pagi hingga sore hari. 

Oleh karena itu, kamu harus bisa menemukan pekerjaan yang dilakukan selepas jam kuliah, misalnya seperti pelayan restoran, barista, penjaga toko, ojek online, guru les private, dll. Selain itu kamu juga harus memberitahu kepada atasanmu mengenai statusmu sebagai mahasiswa agar mengerti dengan kondisimu. 

3. Membuat jadwal untuk semua kegiatan

Hal yang bisa kamu lakukan untuk memanajemen waktumu adalah dengan membuat catatan jadwal kegiatan mingguan.  Sehingga, kamu akan lebih mudah untuk menentukan mana waktu padatmu dan mana waktu luangmu. Hal ini tentu saja dapat membantumu untuk menentukan apakah waktu tersebut bisa kamu manfaatkan untuk kegiatan yang lainnya. Semua kegiatan yang sudah tersusun dan terencana akan berjalan dengan baik.

Buat jadwal kegiatan yang sederhana dan mudah diingat. Misalnya, buat di buku atau di kertas karton lalu ditempel di dinding kamar agar kamu selalu ingat dengan kegiatan yang akan kamu lakukan. 

4. Mengefisiensi kegiatan 

Satu hal yang kamu lakukan agar kuliah dan kerjamu berjalan dengan seimbang adalah efisiensi kegiatan. Lakukan hal-hal yang bermanfaat dan produktif, hindari hal-hal non-produktif yang menyita banyak waktu. Gunakanlah waktu sebaik-baiknya, agar semua akan berjalan dengan baik.

5. Menggunakan waktu luang untuk mengerjakan tugas

Jangan menunda waktumu untuk mengerjakan tugas. Jika ada tugas langsung dikerjakan. Jangan sampai kamu keteteran dalam mengerjakan tugas. Walaupun kamu sudah membuat jadwal kegiatan dengan baik, sering kali kamu masih memiliki waktu luang di antara jam kelas. Jika kuliah dan kerjaanmu dapat seimbang, maka gunakan waktu luangmu untuk mengerjakan tugas kuliah atau melakukan hal bermanfaat lainnya.  

6. Meluangkan waktu untuk istirahat dan bersantai

Tips selanjutnya adalah dengan merencanakan waktu istirahat dan bersantai agar manajemen waktu untukmu sebagai seorang mahasiswa menjadi lebih baik. Kamu bisa menggunakan waktu pekanmu untuk liburan, istirahat, atau melakukan hal produktif lainnya. Cukup dengan beristirahat dan bersantai sudah bisa memberimu lebih banyak energi untuk melakukan kegiatan pada hari-hari berikutnya.

Setelah penjelasan singkat tips memanajemen waktu  bagi mahasiswa yang kuliah sambil kerja di atas, apakah kamu sudah mendapat gambaran untuk mengatur waktumu dengan baik? Sebagai mahasiswa yang berkuliah sambil kerja, kamu harus pintar menentukan pilihanmu dan kamu harus bisa memanfaatkan waktu luang sebaik mungkin. 

Kamu juga harus bisa menetapkan jadwal yang terukur untuk dirimu sendiri, sehingga bisa diterapkan pada setiap kegiatanmu. Hal tersebut akan membuatmu menjadi yang lebih baik dan membuat hidupmu menjadi teratur (Penulis: Abelia Rahma Dini).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel