Self Love: Menghapus Insecurity dalam Diri

Teknokra.id – Persoalan kepercayaan diri memang sulit untuk dihilangkan. Kerap kali kita merasa insecure dan selalu memikirkan kekurangan yang ada dalam diri kita. Penyakit insecure lainnya yang sulit dihilangkan yaitu selalu membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Hati dan pikiran sama-sama kurang puas dengan apa yang dimiliki diri sendiri, sehingga menimbulkan kurangnya self love dalam diri seseorang.

Self love adalah bentuk apresiasi untuk diri sendiri yang di ciptakan melalui tindakan-tindakan yang dapat membangun kepercayaan dalam diri seseorang. Misalnya berusaha percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki, bangga atas pencapaian yang telah diraih, tidak membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain, dan sebagainya.

Self Love: Menghapus Insecurity dalam Diri

Namun masih banyak orang-orang yang mengabaikan self love untuk dirinya sendiri. Padahal dengan adanya self love banyak keuntungan yang di dapatkan loh! Dengan self love kamu bisa lebih menghargai diri kamu dan percaya diri dengan apa yang kamu miliki, serta masih banyak lagi keuntungan lainnya.

Berikut merupakan keuntungan self love dalam diri:

a. Percaya Diri untuk Bersosialisasi dengan Masyarakat

Kepercayaan diri dibangun atas dasar kecintaan kita atas apa yang kita miliki, tak terkecuali fisik. Seringkali seseorang merasa minder dengan fisik yang dimiliki sehingga orang tersebut cenderung menutup diri dari kehidupan sosial. Hal ini tentunya akan menghambat proses sosialisasi orang tersebut dengan lingkungannya. Oleh karena itu, peran self love sangat dibutuhkan disini.

Nyatanya dalam bersosialisasi tidak melulu soal fisik yang dilihat. Orang-orang diluar sana lebih tertarik dengan topik pembicaraan dan karakter orang yang menyampaikan pembahasan dalam proses sosialisasi. Ketika seseorang telah mencintai dirinya maka ia akan percaya diri dengan apa yang dirinya miliki termasuk kekurangan yang ada dalam dirinya. Self love dapat mendorong kamu untuk menunjukan kelebihanmu pada masyarakat sehingga kekurangan dalam dirimu dapat tertutupi. 

b. Memancarkan Aura Positif dalam Diri

Aura positif dalam diri akan semakin terpancar ketika kamu selalu mencintai dan menghargai diri kamu. Orang yang memiliki self love yang baik akan selalu merasa bahagia, sebab ia tahu apa yang baik dan buruk untuk dirinya sendiri.

Self love membuat seseorang dapat menentukan jalan yang baik untuk dirinya agar tidak terjerumus ke dalam hal-hal negatif yang dapat menyakiti diri sendiri. Aura kebahagiaan ini akan selalu terpancar bahkan bisa menularkannya pada orang lain. Jadi jangan ragu untuk menyayangi diri kamu yaa!

c. Berani Mencoba Tantangan

Tantangan memang harus dihadapi, bukan hanya untuk mendapat pengalaman baru namun ilmu yang di dapatkan juga amat berharga untuk di dapatkan. Keuntungan self love lainnya yaitu selalu berani mencoba tantangan/hal baru.

Seperti yang dikatakan di atas bahwa kepercayaan diri akan mendorong seseorang untuk melakukan apa yang dirasa diri mampu menghadapinya. Dengan tetap memperhatikan kekurang dan kelebihan yang dimiliki diri sendiri. Tentunya kita lebih tau apa yang ada dalam diri kita sehingga orang-orang yang telah mencintai dirinya sendiri akan berusaha sebaik mungkin mencoba hal baru untuk menutupi kekurangan dalam dirinya.

d. Dapat Mengatasi Masalah yang Dihadapi

Mengetahui karakter diri sendiri bukanlah hal yang mudah. Sebagian orang mungkin belum terlalu paham dengan kepribadiannya masing-masing sehingga dapat menyulitkan mereka untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Memahami karakter dan sifat diri sendiri itu penting untuk dilakukan loh!

Oleh karena itu, memenuhi keinginan diri sendiri juga perlu di lakukan. Kita tidak boleh egois pada diri sendiri. Segala masalah yang dihadapi harus memprioritaskan perasaan pribadi. Sebisa mungkin kita harus bisa menempatkan perasaan kita dengan masalah yang sedang dihadapi sehingga tetap menjaga perasaan orang lain dan diri sendiri. Agar tidak ada yang tersakiti nantinya.

Jadi telah kita ketahui bersama bahwa self love itu sangat penting dan perlu kita terapkan tentunya. Untuk teman-teman yang masih merasa insecure mari kita bangkit bersama memperbaiki kekurangan dalam diri kita! Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan kita (Penulis : Tiya Riyanti).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel