Tips Cara Menghilangkan Stres Akibat Tugas Kuliah

Teknokra.id - Selama masa pandemi Covid-19 masuk di Indonesia telah menimbulkan banyak dampak. Salah satu dampak yang terkena adalah dunia pendidikan. Pendidikan di Indonesia sekolah dan kampus terpaksa harus di tutup yang membuat siswa/i dan Mahasiswa melakukan pembelajaran secara daring. 

Pembelajaran yang dilakukan secara daring membuat mahasiwa meras jenuh karena mereka harus belajar melalui aplikasi Zoom Meeting, Gmeet, Google Classroom dan sejenisnya. Bukan hanya jenuh dengan pembelajaran daring, mereka juga merasa stres dengan banyaknya tugas yang menumpuk setiap harinya di berikan oleh dosen.  Hal tersebut terkadang membuat kita stres yang tidak karuan. 

Tips Cara Menghilangkan Stres Akibat Tugas Kuliah

Untuk menjalankan pembelajaran daring dengan enjoy dan terhindar dari stres dengan tugas yang menumpuk, berikut ini Teknokra.id memberikan tips cara menghilangkan stres akibat tugas kuliah. 

1. Membuat list plan tugas deadline

Membuat rencana tugas dilakukan agar anda bisa memprioritaskan tugas yang harus di kerjakan terlebih dahulu. Tujuannya agar tidak menjadi deadliner dan bisa lebih mencicil tugas satu persatu. 

2. Manajemen waktu yang baik

Usahakan anda membuat alarm untuk beristirahat. Dengan begitu, akan menjadi pengingat anda agar tidak berlebihan dalam mengerjakan tugas yang terus menerus hingga lupa waktu untuk beristirahat. 

3. Mainkan musik favorit

Ketika mengerjakan tugas, anda bisa sambil mendengarkan lagu favorit yang sudah anda di daftar lagu favorit anda. Tujuannya agar membangun mood anda ketika mengerjakan tugas. 

4. Makan-makanan yang manis

Ketika mengerjakan tugas bisa menguras tenaga dan pikiran kita bahkan kadang membuat mood jelek. Maka disarankan untuk anda sambil makan-makanan yang manis karena bisa membangun mood anda kembali untuk mengerjakan tugas. 

5. Alihkan dengan hobi

Anda bisa mengalihkan tugas anda sejenak dengan melakukan hobi yang anda sukai. Misalkan anda suka menyanyi, makan beryanyilah sambil meregangkan pikiran anda sampai anda merasa enjoy.

6. Melihat hal-hal yang bisa menaikan mood

Lupakan tugas sejenak. Anda bisa menaikan mood dengan mencari konten lucu di Instagram, Tiktok bahkan YouTube dengan konten lucu seperti stand up comedy.

7. Memberi reward untuk diri sendiri

Hal ini bisa dilakukan dengan membeli barang untuk ucapan bersyurkur ke diri sendri karena sudah tetap bertahan sejauh ini dengan kuat.

8. Healing

Ketika sudah mulai muak dengan tugas, anda bisa melakukan healing ke tempat alami yang membuat anda merasa tenang dan senang. Karena hal ini bisa membawa pengaruh positif masuk ke dalam pikiran. Anda bisa healing pergi ke gunung, laut, bukit atau tempat destinasi yang ada di sekitarmu. 

Itulah beberapa tips cara menghilangkan stres akibat tugas kuliah. Lakukan dengan ikhlas dan banyak bersyukur karena dengan begitu semuanya akan berjalan dengan sempurna (Penulis: Ainun Zanariah).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel