Lakukan Hal Ini untuk Lolos PTN Favoritmu di Tahun 2022

Teknokra.id - Diterima di PTN favorit adalah impian semua orang, khususnya bagi pelajar menengah atas (SMA) yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Selain biaya yang relatif terjangkau, kuliah di PTN ketika lulus akan memiliki peluang penerimaan kerja yang lebih mengunggulkan lulusan dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Karena telah menjadi favorit banyak orang, tentu persaingan akan semakin ketat untuk masuk meraih bangku perguruan tinggi dan tidaklah mudah untuk bisa lolos. Melalui jalur SNMPTN, SBMPTN atau bahkan jalur Mandiri akan ada proses yang harus ditempuh dengan sungguh-sungguh. 

Lakukan Hal Ini untuk Lolos PTN Favoritmu di Tahun 2022

Tapi jangan khawatir, untuk kamu pejuang PTN di tahun 2022 ini, Teknokra.id menyajikan beberapa hal yang patut untuk kamu terapkan dalam proses berjuangmu.

1. Kenali bakat dan minatmu

Yang pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengetahui bakat dan minatmu. Kamu harus tahu apa saja kemampuan dalam dirimu. Hal-hal yang kamu sukai serta kebiasaan-kebiasaanmu yang mungkin kamu miliki tanpa kamu sadari.
 

2. Mempertahankan nilai untuk tetap naik atau stabil

Jika kamu pejuang PTN, khususnya jalur SNMPTN atau jalur rapor, maka kamu harus mempertahankan nilaimu untuk tetap selalu baik. Usahakan untuk tidak turun, karena akan mempengaruhi dalam pemeringkatanmu untuk mengikuti SNMPTN.
 

3. Mengikuti ujian Try Out

Rajin-rajinlah bagi kamu pejuang PTN untuk mengikuti ujian Try Out. Ujian ini sebagai evaluasi kamu dalam belajar serta kamu makin terbiasa dihadapkan dengan soal-soal yang kemungkinan besar akan keluar pada saat ujian masuk perguruan tinggi.
 

4. Mempelajari dan latihan soal-soal ujian masuk perguruan tinggi dari tahun-tahun sebelumnya

Ujian masuk PTN akan dihadapkan dengan soal-soal yang tak jauh dari tahun ke tahun. Soal-soal yang keluar ini bersifat HOTS (High Older Thinking Skill) yang artinya perlu mengandalkan nalar, logika dan pikiran serta kemampuan yang besar untuk menyelesaikannya. Semakin kamu rajin berlatih, soal akan semakin mudah kamu selesaikan saat ujian berlangsung, terutama kamu yang akan mengikuti jalur SBMPTN, mandiri atau bahkan ujian tulis lainnya.
 

5. Memilih jurusan yang tepat dan sesuai dengan minat

Pemilihan jurusan sangatlah penting. Karena kamu akan mendalami suatu bidang untuk dipelajari, dan itu memakan waktu sekitar 3-4 tahun. Untuk itu dalam pemilihan jurusan harus benar-benar sesuai dengan minat serta keinginanmu, agar kamu dapat menjalaninya dengan lancar dan semangat karena kamu mempelajari sesuatu yang kamu gemari.

Hindarilah pemilihan jurusan yang berasal dari pilihan orang lain, atau sekadar mengikuti pilihan orang lain. Hal tersebut akan menyulitkanmu dalam menjalaninya karena pasti bukan pilihan yang kamu minati.
 

6. Kenali dan pahami peluang dan daya saing PTN

Kamu harus memahami peluang serta daya saing PTN favoritmu. Sebisa mungkin untuk membuat strategi dalam menempatkan jurusan pilihan pertama dan pilihan kedua. Karena dalam suatu PTN memiliki persaingan yang berbeda-beda. Selain itu, kamu juga perlu menyesuaikannya dengan jurusan pilihanmu serta sesuaikan juga dengan nilai yang kamu peroleh. Aturlah strategimu agar tercipta peluang terbuka yang besar serta daya saing yang mendukung. 

Itulah beberapa hal yang Teknokra.id sajikan yang dapat kamu terapkan untuk bisa lolos masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favoritmu. Mendapati sesuatu yang diinginkan pasti tidak akan luput dari kesulitan dan rintangan, karena kesulitan serta rintangan yang dihadapi adalah bagian dari proses perjuangan. 

Tetap semangat, dan jangan pantang menyerah ya! Tetap berjuang dan terus pejuang PTN! Tetap selalu berpikir merdeka! (Penulis: Sepbrina Larasati).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel