Mengenal Omicron, Varian Baru dari Virus Corona

Teknokra.id - Siapa sih yang tidak tahu virus Corona? Pasti kamu sudah tidak asing lagi kan dengan pandemi yang melanda kita sejak 2019 lalu ini? Tahukah kamu bahwa hingga saat ini begitu banyak mutasi dari varian virus Corona?

Memasuki awal tahun 2022,  virus Corona varian Omicron bahkan Delmicron cukup menggegerkan dunia. Varian Omicron sendiri sudah mulai masuk di Indonesia sejak kasus pertama yang ditemukan di Wisma Atlet Kemayoran pada salah seorang pasien. Walaupun varian Omicron ini tidak terlalu berdampak bagi kesehatan, namun varian ini bermutasi dengan sangat cepat dan tetap harus diwaspadai.

Mengenal Omicron, Varian Baru dari Virus Corona

Nah, untuk menggali lebih lanjut mengenai virus varian Omicron ini, Teknokra.id akan membagikan sedikit ulasannya. Berikut adalah penjelasan mengenai varian virus Omicron.

Asal Omicron

Omicron pertama kali ditemukan pada November lalu, tepatnya 9 November 2021 di Afrika Selatan. Hal ini telah diungkapkan oleh World Health Organization (WHO). Omicron dimasukkan ke dalam daftar Variant of Concern (VOC). Variant of Concern dapat diartikan sebagain varian yang memiliki tingkat penularan tinggi, virulensi tinggi, menurunkan efektivitas diagnosis, dan terapi serta vaksinasi.

Saat ini, varian B.1.1.529 telah menyebar ke-8 negara, beberapa di antaranya yaitu Hong Kong, Jerman, Belgia dan Inggris. Menurut Pusat pencegahan dan Pengadilan Penyakit Eropa, varian ini memiliki potensi yang lebih besar untuk lolos dari kekebalan vaksin. Virus varian Omicron juga memiliki tingkat penularan yang lebih cepat.

Apakah vaksin efektif untuk mengatasi varian Omicron?

Varian Omicron ini masih bisa dilawan dengan vaksinasi. Namun, berdasarkan penelitian masih terdapat penurunan efektivitas dari vaksin Covid-19. Meskipun demikian, kamu tetap disarankan untuk menjaga protokol kesehatan dan selalu menerapkan 5M. Vaksinasi pun sangat disarankan dengan harapan dapat mengurangi dampak yang lebih berbahaya dari berbagai varian virus Covid-19 ini.

Bagaimana tingkat keparahan dari Omicron?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa varian Omicron ini mempunyai tingkat keparahan yang cenderung lebih rendah dari varian lain, misalnya delta. Tetapi, perlu diingat bahwa varian Omicron memiliki daya tular yang lebih cepat. Penularan yang cepat ini akan berdampak pada kesediaan fasilitas kesehatan dan jumlah petugas penanganan yang akan menangani Covid-19 ini.
 
Nah, itulah ulasan singkat mengenai hal-hal yang perlu kamu ketahui dari varian Omicron ini. Tetap jaga kesehatan dan jangan pernah merasa dirimu sudah aman dari bayang-bayang Covid-19. Tidak ada salahnya untuk terus melakukan tindak antisipasi untuk mencegah Covid-19 menyerang dirimu (Penulis: Farhan Al Hafaf).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel