Tips Agar Mahir Berbicara Bahasa Arab

Teknokra.id - Siapa yang tak ingin pandai berbicara bahasa Arab? Pasti banyak yang menginginkannya, apalagi orang muslim. 

Alasannya motivasi agar bisa memahami bahasa kitabnya sendiri. Tetapi banyak dari kita mengalami permasalahan yaitu bingung ingin memulainya darimana. 

Tips Agar Mahir Berbicara Bahasa Arab

Selain itu ada juga yang ingin memulai belajar Bahasa Arab dengan mengikuti kursus,tetapi tidak punya waktu luang akibat padatnya jadwal aktivitas kita. Tak hanya itu, biaya untuk kursus bahasa pun bukannya murah.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa belajar bahasa Arab? Berikut beberapa tips untuk memulai belajar berbicara bahasa arab di tengah kesibukan.

1. Sempatkan membaca berita atau buku yang berbahasa Arab

Membaca berita atau buku yang berbahasa Arab tentunya dapat menambah wawasan kita. Ketika kita mulai mencoba membaca bacaan yang berbahasa asing, merupakan langkah awal yang menunjukkan tekad kita. Jangan memanjakan mata dan pikiran kita denga bahasa kita sehari-hari, jika kalian benar-benar bertekad ingin pandai bahasa asing.

2. Menonton film

Ketika kita penat atau lelah dengan padatnya aktivitas kita,terkadang menonton film menjadi pilihan kita sebagai hiburan atau istirahat. Nah, menonton film yang berbahasa Arab akan mempermudah kita dalam pelafalan. Selain itu, wawasan kita akan bertambah dari film bahasa Arab tersebut dan memahami logatnya.

3. Mendengarkan Musik

Hampir semua orang menyukai atau mendengarkan musik. Tak hanya ketika waktu sedang beristirahat, kebanyakan dari kita sering mengerjakan pekerjaan sambil mendengarkan musik. Agar lebih mempercepat proses belajar bahasa Arab, bisa dimulai dengan mendengarkan musik yang berbahasa Arab.

4. Menulis diari dengan bahasa Arab

Tidak semua orang terbiasa menulis diari. Walaupun demikian, tetap saja cara ini bisa dicoba. Meskipun terlihat klise, aktivitas ini merupakan cara efektif untuk proses belajar berbicara bahasa Arab.
 
Kalian bisa memulainya dengan menceritakan aktivitas kalian di setiap harinya, dan harus menggunakan bahasa Arab. Maka dari sinilah kalian akan menyadari kosakata mana saja yang belum kalian tahu. Karena ketika kalian ingin menuliskan kata-kata yang tidak diketahui, kalian akan tergerak mencari kosakata bahasa Arabnya di kamus atau platfrom terjemahan.

5. Membuat video story telling dengan berbahasa Arab

Tips ini sangat ampuh untuk mengembangkan proses belajar kita. Tentunya sebelum membuat video story telling, kita harus membuat naskahnya. Jangan malu! Kalian bisa membuatnya dengan ponsel kalian. Jika kalian merasa kurang puas hanya disimpan di galeri HP, kalian bisa juga mengunggah hasil video di YouTube.

6. Mulai ajak keluarga berbicara bahasa Arab 

Setelah berusaha dari segi membaca, menulis, menonton, mendengarkan dan berbicara. Kalian harus praktekkan kepada orang lain. Jangan malu! Kalian harus percaya diri. Kalian bisa memulainya dari anggota keluarga kalian, seperti adik, kakak atau orang tua. 

Itulah beberapa tips agar mahir berbicara bahasa Arab. Jangan lupa di praktikkan ke orang lain yaa (Penulis: Azhar Azkiya).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel