Street Food, Cocok Buat Kamu yang Hobinya Jajan!

Teknokra.id - Halo, sobat Teknokra! Siapa nih yang hobinya jajan receh di pinggir jalan? Pasti kamu ngga asing sama yang namanya jajanan kaki lima atau street food, kan? 

Jajanan kaki lima atau dengan kata lain street food adalah sekumpulan jajanan, makanan ringan, sajian siap santap, dan minuman yang dijual di kaki lima maupun pinggir jalan. Biasanya penjual menggunakan gerobak atau bertempat di kedai kecil untuk menjajakan jajanan dan kudapannya.

Street Food, Cocok Buat Kamu yang Hobinya Jajan!

Street food di Indonesia memiliki cita rasa yang khas dan kaya akan rempah karena menggunakan perpaduan rasa dan masakan dari berbagai Negara. Seperti Tionghoa, Timur Tengah, maupun Belanda.
 
Jajanan kaki lima atau street food di Indonesia terdiri dari berbagai jenis, di mana cara penyajiannya berbeda-beda untuk setiap makanan ringan maupun kudapan. Ada yang langsung dikemas, diracik, dicampur, dipanaskan, bahkan perlu dibakar terlebih dahulu saat ada pelanggan yang memesan.

Jajanan kaki lima atau street food yang populer di Indonesia contohnya seperti cilok, cimol, cilor, cilung, telur gulung, bakaran (sosis, bakso, chikua, otak-otak) gorengan, dan kerak telor. Sedangkan untuk makanan ringan cenderung berat contohnya seperti siomay, batagor, ketoprak, sate, seblak, pempek, bubur ayam, nasi goreng, bakso, mie ayam, dan soto. 
 
Selain makanan, minuman juga ikut dijajakan oleh penjual di gerobak maupun kedainya. Dari mulai minuman tradisional hingga minuman yang bersifat dessert

Minuman tradisional seperti wedang jahe, wedang ronde, bajigur, hingga bir pletok masih ada dan tetap lestari hingga kini. Hal ini tak lain karena adanya resep turun temurun yang diwarisi dari keluarga. 

Sedangkan untuk minuman yang bersifat dessert, seringnya adalah minuman manis dan dingin yang cenderung menyegarkan. Misalnya, es cendol, es cincau, es campur, es doger, dan es seduh.

Umumnya, street food dijual dengan harga yang cukup terjangkau sehingga tidak membuat kantong kering. Dibandrol dengan harga mulai Rp1.000,- hingga tidak lebih dari Rp20.000,-  kamu sudah dapat menimkmati jajanan khas Indonesia yang sedap ini. Wah, sangat terjangkau sekali, bukan?

Street food ini sangat cocok untuk kamu yang hobinya jajan. Tanpa perlu merogoh kocek yang mahal, kamu bisa kulineran sepuasnya. Eits, tapi jangan sampai berlebihan, ya! Karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik (Penulis: Nadila Wulandari).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel