Kenali Tipe-Tipe Negative Self Talk yang Wajib Kamu Hindari

Teknokra.id - Halo sobat Teknokra! Di antara kalian pasti sering banget yaa bicara sama diri sendiri atau biasa disebut dengan self talk. Bicara terhadap diri sendiri atau self talk sebaiknya yang positif-positif aja ya!

Tapi tidak jarang seseorang melakukan self talk yang selalu menyalahkan diri sendiri atau negative self talk. Hal ini kerap kali dilakukan oleh seseorang karena menganggap usaha atau hal yang dilakukan oleh diri sendiri selalu tidak baik. 

Kenali Tipe-Tipe Negative Self Talk yang Wajib Kamu Hindari

Sebenarnya terdapat tipe-tipe negative self talk yang wajib kamu hindari ya! Berikut adalah beberapa tipe negative self talk yang telah Teknokra.id rangkum.

1. Overgeneralizing

Seseorang yang mengalami tipe ini selalu menganggap bahwa semua hal yang terjadi akan sama atau memukul rata semua hal. Ketika terjadi suatu peristiwa negatif terhadap diri kamu, maka kamu akan berpikir jika hal tersebut akan terus terjadi.  
Misalnya, "Aduh..nilai ujianku sekarang kok jelek sih, pasti pas ujian selanjutnya bakalan jelek juga☹".

2. Polarizing

Seseorang yang mengalami tipe ini memiliki kecenderungan untuk menilai diri sendiri gagal dan cenderung secara berlebihan.  
Misalnya, "Iiihh ini padahal kelihatannya mudah banget loh, kenapa sih aku sampe ga bisa ngerjainnya, bodohh banget sih aku!"

3. Catastrophizing

Seseorang yang mengalami tipe ini akan selalu memiliki pemikiran atau berasumsi jika kemungkinan atau skenario yang buruk akan terjadi terus-menerus. Tipe pemikiran ini juga memiliki kecenderungan selalu putus asa sebelum berusaha. 
Misalnya, "Kalo sampe aku gak diterima buat kerja diperusahaan ini, pasti aku juga gak akan diterima di perusahaan lain. Kalo udah kaya gitu, aku gatau lagi harus gimana."

4. Personalizing

Seseorang yang mengalami tipe ini cenderung lebih menyalahkan diri sendiri untuk suatu hal yang berada di luar kendali dan bukan tanggung jawab dirinya. 
Misalnya, "Yaampun...seandainya aja tadi aku gak ngebolehin dia buat pergi, pasti gak bakal ada kecelakaan kayak gini."

5. Labeling

Labeling artinya mengilustrasikan atau menggambarkan diri sendiri terhadap orang lain dengan suatu hal (label) yang biasanya negatif. Seseorang yang mengalami tipe ini selalu menganggap hal yang dilakukan diri sendiri adalah hal yang salah. 
Misalnya, "Kenapa coba hal kayak gini aja harus aku unggah di sosmed? Pasti nanti dikira aku caper banget."

6. Filtering

Seseorang yang mengalami tipe ini akan cenderung lebih fokus memikirkan aspek negatif dari setiap hal, padahal terdapat aspek positifnya juga loh. 
Misalnya, "Aduh.... tadi pas interview ada salah satu jawaban yang aku asal bunyi, atau kayak ngaco banget gitu deh! Udah pasti HRD-nya langsung mencoret nama aku dan kemungkinan aku ga bakalan diterima."

7. Mind Reading

Seseorang yang mengalami tipe ini akan selalu berpikir dan menganggap bahwa diri sendiri mengetahui apa yang dipikirkan oleh orang lain. Pemikiran ini biasanya terjadi tanpa bukti yang akurat dan tanpa kebenaran yang jelas. 
Misalnya, "Tadi pas aku presentasi, dosen sama teman-temanku kayak kurang merhatiin dan kayaknya pada mainan HP, aduhh... pasti presentasiku tadi gak menarik atau jangan-jangan mereka gak suka sama aku."

Demikianlah tipe-tipe negative self talk yang wajib segera kamu dihindari ya guys, karena sangat tidak baik jika terus dibiarkan. Hayo kamu sering melakukan negative self talk yang mana nih guys? 

You are what you think! Kamu adalah apapun yang kamu pikirkan tentang dirimu sendiri. Jika kamu mempercayai sesuatu maka sesuatu itu bisa menjadi kenyataan, dan sebaiknya kamu memikirkan hal-hal yang positif saja ya! 

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kita semua. Jangan lupa di-share supaya semakin banyak yang tau! Stay safe, stay healthy, and keep fighting guys! (Penulis: Risa Amelia).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel