Perkembangan Generasi Komputer yang Perlu Kamu Tahu

Teknokra.id - Siapa sih yang masih asing dengan komputer? Pasti sebagian besar masyarakat di seluruh dunia sudah mengetahui apa itu komputer. Mengingat pada era digital ini telah menuntut kita untuk mengikuti perkembangan teknologi.

Komputer dapat didefinisikan sebagai alat atau mesin yang digunakan untuk mengolah data sesuai dengan prosedurnya, seperti input, proses dan output. Output yang dihasilkan biasanya dapat berupa informasi yang telah diolah oleh komputer tersebut. 

Perkembangan Generasi Komputer yang Perlu Kamu Tahu

Awalnya, istilah komputer merupakan sebutan untuk seorang yang ahli pada bidang aritmatika, yaitu orang yang ahli dalam menghitung dengan menggunakan alat maupun tidak. Baru pada tahun 1897 istilah komputer beralih dari manusia ke "perangkat mesin" sebagai alat hitung. Tidak berhenti di sana, komputer juga semakin berkembang seiring berjalannya waktu.

Berikut adalah berbagai generasi komputer yang telah berhasil Teknokra.id rangkum.

1. Komputer generasi pertama (1940-1956)

Pada generasi pertama ini, komputer memiliki bobot sekitar 30 ton, dengan panjang 30 meter dan tinggi 2,5 meter. Komputer ini masih sangat sederhana karena cukup mengandalkan bahasa pemrograman dasar saja. Kelemahannya adalah karena menggunakan bahasa pemrograman level rendah seperti machine language, komputer ini hanya mampu menyelesaikan satu perhitungan dalam waktu yang cukup lama.

2. Komputer generasi ke-II (1956-1963)

Pada komputer generasi kedua ini diciptakan transistor untuk menggantikan tabung hampa sebagai sirkuit. Komputer ini sudah menggunakan bahasa pemrograman dengan tingkat tinggi, kapasitas memori yang cukup besar, tidak memerlukan banyak listrik, dan proses operasi lebih cepat dari generasi sebelumnya.

3. Komputer generasi ke-III (1964-1971)

Pada periode ini telah diciptakan IC (Integrated Circuit) untuk menggantikan transistor dalam komputer generasi ke-II. Komputer generasi ketiga ini lebih kecil, cepat dan murah.

4. Komputer generasi ke-IV (1971-1980)

Pada generasi keempat ini komputer telah menjadikan mikroprosesor sebagai terobosan dengan cara menyatukan ribuan IC (Integrated Circuit) ke dalam satu keping silikon. Komputer ini juga bertambah canggih dengan 230 transistor yang berada dalam sebuah chip dan bisa menjalankan sekitar 60 ribu operasi bahkan hanya dalam hitungan detik.

5. Komputer Generasi ke-V (1980-Sekarang)

Komputer generasi ini disebut paling canggih karena menggunakan mikroprosesor dengan teknologi ULSI. Komputer ini berkembang sejak tahun 1980-an. Komputer generasi kelima ini menggunakan pemrosesan secara pararel dan menggunakan bantuan kecerdasan buatan.

Nah, itulah dia informasi terkait generasi komputer dari tahun ke tahun. Semoga membantu (Penulis: Rio Sanjaya).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel