Kenali Prinsip Kaizen untuk Kalian Para Pemalas

Teknokra.id - Pernah ga sih, ketika kamu melakukan pekerjaan atau goals yang ingin kamu capai rasanya kayak berat banget pas mau mulai ngerjainnya? Misalkan kamu udah janji pada diri sendiri untuk mulai hari ini, tetapi ketika dipikirin lagi rasanya ingin dilakukan besok aja. Sampai pada akhirnya kerjaan itu tidak dikerjain deh. 

Pastinya banyak yang punya masalah seperti ini. Yap, sering menunda-nunda pekerjaan yang sebenarnya penting buat hidup kamu. Padahal perilaku tersebut bisa dibilang tidak baik jika diteruskan. Pada akhirnya pekerjaan kamu tidak maksimal, penyebabnya adalah rasa malas itu sendiri.

Kenali Prinsip Kaizen untuk Kalian Para Pemalas

Ngomong-ngomong tentang rasa malas, mungkin kamu perlu belajar dari negara yang sama-sama kita tahu sebagai negara anti banget dengan yang namanya rasa malas. Coba tebak negara apa? Yap, negara Jepang. Sering kita tahu, negara Jepang terkenal dengan etos kerja yang baik dan orang yang disiplin. Nah, kamu tahu ga sih? Sebenarnya mereka telah dilatih untuk memiliki prinsip tertentu sejak kecil, seperti berbagai macam rutinitas kecil yang positif untuk dilakukan setiap harinya. Rutinitas ini akhirnya menjadi budaya dan mereka gunakan terus sampai dewasa. Sehingga prinsip ini akhirnya disebut sebagai prinsip Kaizen.

Prinsip “Kaizen” adalah salah satu filosofi kerja yang berasal dari bahasa Jepang dan terbagi menjadi dua suku kata, yaitu “Kai” yang artinya Berubah dan “Zen” yang artinya Kebijaksanaan. Dua kata ini memiliki sebuah makna yaitu perubahan dalam hidup bisa kamu capai secara perlahan dan dengan penuh kebijaksanaan. 

Prinsip Kaizen sering disebut sebagai prinsip 1 menit. Prinsip ini bisa membantu melatih kamu untuk melakukan suatu hal hanya dalam waktu satu menit di setiap harinya dan pada waktu yang sama. Misalkan kamu ingin olahraga. Maka, lakukan olahraga dalam semenit dahulu dalam sehari. Kemudian kamu bisa melanjutkannya dengan melakukan olahraga setiap hari pada waktu yang sama sampai hari berikutnya. 

Prinsip ini cukup sederhana, sehingga prinsip ini bisa kamu terapkan pada berbagai macam hal yang lain seperti membaca, menulis, mengerjakan tugas dan apapun yang ingin kamu lakukan. Namun, dengan catatan harus melakukannya secara fokus tanpa gangguan dan tetap konsisten.

Menariknya dari prinsip ini adalah bisa melatih diri kamu untuk bertanggung jawab. Misalkan jika kamu melakukan pekerjaan satu menit itu dan berhasil membuat perasaan kamu lebih baik, perasaan ini nantinya akan membuat kamu menjadi ketagihan. Prinsip ini jika rutin kamu terapkan setiap harinya, kemungkinan bisa menambah terus. Maksudnya adalah mungkin pada hari pertama kamu cukup dalam semenit, tetapi pada hari selanjutnya mungkin satu menit itu bertambah menjadi lima menit. Sehingga pada hari-hari selanjutnya mungkin bisa sampai berjam-jam.

Kuncinya adalah kamu harus konsisten dalam melakukannya dalam sehari supaya menjadi kebiasaan. Jadi mending sedikit dilakuin tapi rutin ya, daripada langsung seabrek-abrek tetapi mandek. Kalau kamu rutin mempelajari dan mengulang sesuatu setiap harinya, kamu bakal lebih menguasai apa yang kamu pelajari dan tidak mudah lupa terhadap apa yang kamu pelajari itu. Perlu diketahui juga, prinsip Kaizen ini bisa diterapkan oleh siapapun dalam bidang kehidupan apapun.

Nah, itulah pejelasan mengenai prinsip Kaizen. Terapkanlah prinsip ini pada kehidupan sehari-harimu dan rasakan hidup yang lebih berkulitas. Semoga bermanfaat ya! (Penulis: Muhammad Rifqi Mundayin).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel