Pengertian, Tugas, dan Ciri dari Research and Development

Teknokra.id - Setiap orang pasti punya impian atau cita-cita terkait pekerjaan apa yang ia inginkan. Mulai dari pekerjaan yang hanya mengandalkan fisik, akal, ataupun keduanya. Berbagai macam bidang atau profesi yang ditawarkan oleh suatu badan kerja atau perusahaan dapat kamu temukan ketika kamu memasuki dunia kerja. Salah satu bidang tersebut adalah Research and Development (R&D).

Kuatnya persaingan bisnis dan pesatnya kemajuan industri mendorong setiap badan usaha untuk berlomba menciptakan produk yang dapat diunggulkan di pasar. Berbagai macam upaya dilakukan demi memenuhi target penjualan dan kemajuan perusahaan. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memajukan sumber daya manusia (pekerja) dan alat bantu buatan manusia. Upaya pengembangan baik tenaga kerja dan alat tersebut berhubungan dengan fungsi dari bidang R&D. 

Pengertian, Tugas, dan Ciri dari Research and Development

Oleh karena itu Teknokra.id akan mengulas pengertian, tugas, dan ciri dari R&D.

Pengertian

Research and Development (R&D) merupakan bidang tenaga kerja yang tugasnya untuk melakukan penelitian demi kemajuan baik suatu bidang, anggota, atau kelompok usaha lainnya. Dalam praktiknya, penelitian yang dilakukan berdasar atas sistem dasar, diantaranya riset pasar, masukan anggota, dan pihak eksternal. 

Selain melakukan penelitian terhadap anggota atau bidang lainnya, R&D juga bertugas dalam merancang, mengembangkan, dan menguji coba peralatan yang akan digunakan oleh anggota atau bidang lain untuk meningkatkan produktivitas pekerjanya.

Tugas dan Tanggung Jawab

Dalam melaksanakan kegiatannya, R&D memiliki tugas dan tanggung jawab yang harus dijalankan secara baik dan benar. Tugas dan tanggung jawab tersebur ialah,

1. Merancang

Sebagai bentuk memecahkan masalah dalam suatu bidang, anggota R&D harus mampu merancang langkah, alat, atau sistem sebagai bentuk pemecahan masalah tersebut.

2. Mengembangkan

Tugas berikutnya bagi seorang R&D adalah ia harus mampu mengembangkan baik anggota, bidang, ataupun alat (yang telah dirancang) agar kinerja anggota dapat terus meningkat.

3. Melakukan kerja sama

Anggota atau bidang dari R&D harus mampu bekerja sama dengan baik bersama anggota atau bidang lainnya. Hal ini ditujukan agar komunikasi dan tujuan dapat berjalan dengan baik tanpa ada hambatan.

4. Memantau

Tugas penting lainnya dari R&D adalah memantau setiap perubahan, kinerja, dan kemajuan anggota atau bidang lainnya. Hal ini ditujukan sebagai bahan evaluasi agar tahu seberapa pesat kemajuan anggota atau bidang pekerjanya.

5. Melaporkan

Tugas terakhir dari R&D adalah melaporkan seluruh hasil rangkuman kemajuan dan kinerja dari anggota atau bidang lainnya kepada atasan dan memberikan masukan kepada anggota yang dituju.

Ciri Anggota R&D

1. Memiliki kreativitas

Seorang R&D harus memiliki pikiran yang kreatif guna membantu memajukan anggota atau bidang lainnya agar tidak tertinggal dengan kemajuan zaman.

2. Rasa ingin tahu yang tinggi

Adanya rasa ingin tahu dalam diri R&D menciptakan keadaan di mana mampu melihat dan menilai situasi dengan baik agar tahu tujuan apa yang akan diambil ke depannya.

3. Peka terhadap lingkungan

Ciri berikutnya adalah hal yang penting bagi setiap anggota R&D, yakni mampu peka terhadap lingkungan. Anggota R&D harus mampu membaca situasi yang ada, baik internal maupun eksternal yang akan memengaruhi kemajuan suatu bidang atau anggota lainnya.

4. Mampu berpikir ilmiah dan kritis

Dalam menyelesaikan suatu permasalahan, anggota R&D harus mampu berpikir secara ilmiah dan kritis. Pikiran atau argumen yang dikeluarkan harus berlandaskan fakta dan bukti, meskipun ilmiah di sini tidak terlalu fokus terhadap penilitian yang nilainya berat. Namun tetap, anggota harus dapat mengemukakan fakta yang benar dan bukan yang salah.

5. Pantang menyerah

Menjadi seorang R&D memanglah tidak mudah. Banyak rintangan dan hambatan yang ada, bahkan ketidaksukaan dari bidang lainnya dapat hadir mengiasi kehidupan R&D. Namun begitu, anggota R&D harus pantang menyerah dan tidak boleh mudah terhasut oleh hal-hal buruk yang memengaruhi keputusan saat penilitian anggota.

Progam Kerja

Sama dengan bidang atau profesi kerja lainnya, R&D juga memiliki progam kerja untuk melancarkan kegiatannya, sebagai berikut
  1. Kegiatan bekerja sama antar sesama bidang;
  2. Rapat bersama dengan bidang lain;
  3. Membuka forum sebagai tempat menyampaikan kritik dan saran dari anggota atau bidang lain;
  4. Membuka kegiatan untuk mengasah keterampilan dari anggota atau bidang lainnya.
Itulah ulasan singkat mengenai pengertian, tugas, dan ciri dari Research and Development. Apakah kamu tertarik untuk mengambil bagian ini? (penulis: Fauzan Muhammad Al Hazmi)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel