Pendidikan Juga Penting Bagi Perempuan, Penampilan Aja Ngga Cukup!

Teknokra.id - Hanya bersolek bukanlah alasan yang tepat untuk perempuan tidak menempuh pendidikan. Karena penampilan aja ngga cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Penampilan ini yang menjadi nilai tambah, tapi cara untuk meningkatkan kualitas diri yang tepat adalah melalui pendidikan. Terlebih lagi, dengan ungkapan seperti ini. “Kodrat perempuan itu di dapur, jaga anak, ngurus suami. Nanti kan dikasih uang sama suami, ngapain sekolah tinggi-tinggi”.

Sudah sering kita mendengarnya, khususnya bagi para perempuan yang mungkin sudah jengah dengan hal ini. Tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa masyarakat masih memiliki pemikiran yang kuno. Tidak jarang juga, dari orang tua perempuan ini memiliki pemikiran yang sama. 

Pendidikan Juga Penting Bagi Perempuan, Penampilan Aja Ngga Cukup!

Hingga pada akhirnya membuat sang anak merasa bahwa apa yang dipikirkan ibunya adalah sesuatu yang benar, tapi ada juga yang berpikiran sebaliknya. Terlebih lagi, zaman semakin modern yang menandakan bahwa perempuan harus memiliki pemikiran ke depan sesuai dengan perkembangan zaman saat ini.

Namun, tidak jarang kita melihat bahwa masih terdapat keterbatasan ruang gerak perempuan meskipun sudah terdapat emansipasi wanita. Walau saat ini keadaannya tidak separah dulu. Saat ini perempuan sudah diberikan kebebasan untuk menempuh pendidikan. 

Sudah sepantasnya sebagai perempuan mengabaikan pernyataan yang mengatakan bahwa perempuan cukup di rumah saja. Perempuan juga harus memiliki pendidikan yang sama dengan laki-laki, agar perempuan semakin memiliki pemikiran yang berkembang dan tidak kuno.

Jika pokok pembahasan masih mengenai pernyataan bahwa kodrat perempuan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Maka, itu bukanlah kodrat perempuan. Kodrat perempuan yang sesungguhnya hanya tiga yaitu haid, hamil, melahirkan dan menyusui. 

Berikut alasan yang akan meyakinkan kamu, khususnya para perempuan di Indonesia untuk mengubah mindset yang salah selama ini.

Perempuan akan menjadi guru pertama untuk anaknya

Sebagai seorang ibu, tentunya akan mengajarkan kepada anaknya sesuatu yang baik. Jika pemikiran sang ibu berkembang dan maju ke depan. Secara tidak langsung, pemikiran anaknya akan ikut berkembang dengan edukasi yang diberikan. 

Edukasi yang diberikan dan sistem pengajaran yang benar akan membentuk kepribadian sang anak. Karena pada dasarnya yang mudah dibentuk pada anak adalah kepribadian. Membentuk kepribadian lebih mudah dibandingkan dengan mengubahnya. Maka dari itu, diperlukan adanya pemberian pengajaran yang baik, agar sang buah hati dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan pola didikan dari orang tuanya. 

Pendidikan meningkatkan kualitas diri

Perempuan yang berpendidikan, kualitas dirinya tentu akan meningkat. Hal ini dikarenakan ilmu yang sudah didapat akan membentuk pola pikir mereka dan kualitas emosionalnya juga. Mereka pasti akan memahami bagaimana pentingnya pendidikan di era saat ini, terlebih lagi dengan berbagai inovasi dan kemajuan yang ada. 

Tidak hanya dari ilmu saja, namun kecerdasan emosional juga tidak kalah penting. Mereka akan bisa mengontrol emosionalnya ketika dihadapkan pada suatu permasalahan. Serta, pendidikan dapat menjadi perisai saat mereka menghadapi berbagai pengaruh buruk yang akan terjadi. 

Kualitas perempuan tentunya juga jauh berbeda dengan zaman dahulu yang tiada kebebasan. Saat ini, perempuan memiliki kesempatan seluas-luasnya dalam mencari ilmu dan dengan harapan agar perempuan ini semakin memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki. 

Strata sosial menjadi meningkat dan kemiskinan dapat diatasi

Sebagai masyarakat Indonesia, pasti kita sudah memahami bahwa kemiskinan menjadi salah satu permasalahan dari negara kita. Dengan adanya pendidikan yang baik, hal ini dapat meningkatkan harga jual seseorang untuk diterima dalam lapangan perkerjaan. Maka dari itu, tidak perlu takut untuk memiliki pendidikan setinggi-tingginya bagi para perempuan. Apalagi jika terpengaruh dengan ungkapan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Belajar juga tidak harus berpatokan pada sebuah yayasan pendidikan resmi yang menyediakan pembelajaran. 

Namun, pendidikan ini juga dapat kita ambil dari pengalaman mengikuti organisasi, mengikuti kegiatan kewirausahaan, dan masih banyak lagi pendidikan yang lainnya. Selagi tempat tersebut merupakan wadah yang positif untuk mengembangkan kualitas diri, maka kita bisa mendapatkan pengajaran dari sana. 

Perempuan harus bisa mandiri

Tidak ada yang tau apa yang akan terjadi pada diri kita di masa mendatang. Bisa saja, orang tersayang, keluarga, atau kerabat yang sering membantu dan menafkahi kita sudah tiada. Tentunya, yang bisa menjaga perempuan dan menghidupi kebutuhan hidupnya adalah diri kita sendiri. 

Bukan berarti mendoakan hal yang buruk. Hanya saja sebagai manusia kita cukup berserah dan pasrah jika sang kuasa sudah berkehendak. Karena soal kehidupan manusia tidak ada yang tau akhirnya akan bagaimana. Mulailah belajar mandiri, meskipun kebutuhan kamu sudah tercukupi. 

Jadi, untuk kamu para perempuan yang masih memiliki pemikiran yang tertinggal. Apakah kamu ingin merubah mindset yang salah hari ini? (Penulis: Sunia Dzakiyyah Fadhiilah Putri).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel