Resep Masakan Rumahan Sop Ayam Enak dan Gurih

Teknokra.id - Siapa di antara kalian yang tidak tahu masakan rumahan sayur sop? Pasti sudah banyak yang mengetahui masakan rumahan yang satu ini. Apalagi bagi anak yang merantau, ketika pulang ke rumah orang tuanya mungkin salah satu hal yang dirindukan adalah masakan rumahan. 

Jangan khawatir, kalian juga bisa membuatnya sendiri lho di kost. Karena kami akan memberikan tips cara membuat sayur sop yang enak kepada kalian agar kalian dapat mempraktekkannya. 

Resep Masakan Rumahan Sop Ayam Enak dan Gurih

Tapi sebelum itu, kami akan menjelaskan berbagai kandungan yang terdapat dalam sayur sop. Sayur sop kaya akan nutrisi yang terdiri dari beberapa macam sayuran seperti wortel, kentang, dan kubis. Kamu juga bisa menambahkan buncis atau kembang kol sesuai selera. Sayur sop ini menjadi andalan masakan rumahan yang sering disantap karena rasa kaldunya yang gurih. 

Serta, bagi kamu yang ingin menambahkan daging ayam juga akan menambah gizi didalamnya. Karena kandungan vitamin B6 dalam daging ayam diperlukan oleh tubuh dalam memetabolisme karbohidrat, lemak, dan protein, serta menjadikan sistem kekebalan tubuh manusia menjadi lebih kuat. 

Tips Membuat Sayur Sop Yang Enak

Tips pertama yaitu kunci utama dari kuah sayur sop yang memiliki rasa khas kaldunya yang gurih. Kamu bisa menambahkan kaldu ayam murni berupa air yang sudah direbus bersama ayam. 

Untuk kamu yang ingin rasanya enak namun tetap low budget. Tidak perlu membeli daging ayamnya, kamu cukup membeli salah satu bagiannya seperti kepala, sayap, atau ceker ayam untuk dijadikan kuah kaldunya.

Kuah kaldu direbus sampai berwarna kekuningan lalu jika sudah jadi, kamu bisa menyaring kuah kaldu ayam agar bersih. Disarankan dalam membuat kaldu, untuk tidak menggunakan kaldu bubuk karena rasa gurihnya dominan berasal dari MSG. 

Selanjutnya adalah bumbu sayur sop akan lebih enak jika dihaluskan dengan menggunakan ulekan. Yang kemudian bumbunya digoreng hingga matang. 

Namun, sayangnya akan kurang kalau tidak ada bahan pelengkapnya. Bahan pelengkap yang wajib ada dalam sayur sop adalah bawang merah yang digoreng, seledri, dan daun bawang. 

Bahan pelengkap ini semakin membuat cita rasa sayur sop menjadi lebih gurih dan nikmat. Berikut resep sayur sop ayam yang bisa kamu praktekkan di rumah.

Bahan-bahan
  1. 1 siung bawang putih 
  2. 3 siung bawang merah 
  3. 100 gr ayam atau bisa digantikan dengan tulang ayam (ceker/kepala)
  4. 2 buah wortel yang sudah diiris
  5. 1 buah kentang yang sudah diiris
  6. Kubis secukupnya
  7. Garam 
  8. Kaldu jamur 
  9. Minyak goreng/margarin
  10. Merica secukupnya
  11. Kaldu ayam secukupnya
  12. Daun seledri secukupnya
  13. Daun bawang secukupnya
  14. Bawang merah goreng secukupnya

Langkah-langkah
  1. Kupas bawang merah, bawang putih. Lalu haluskan bersama dengan merica dan garam.
  2. Tumis bumbu yang sudah halus tersebut dengan menggunakan minyak goreng, bisa juga dengan margarin. Tumis hingga matang sampai berwarna sedikit kecoklatan.
  3. Rebus kembali kuah kaldu ayam hingga mendidih, lalu masukkan potongan atau tulang ayam ke dalamnya dan aduk rata. 
  4. Kemudian tambahkan wortel dan kentang, masak hingga hampir lunak seutuhnya.
  5. Setelah itu, masukkan kubis yang sudah dipotong kecil.
  6. Tambahkan kaldu jamur dan masak dengan api sedang hingga matang seutuhnya
  7. Terakhir, tambahkan bawang merah goreng, daun bawang dan seledri yang sudah diiris. Lalu, taburkan ketiganya di atas sayur. Aduk kembali hingga merata.
  8. Sajikan sayur ke dalam mangkuk yang kalian punya dan masakan rumahan ini siap disantap dengan tempe goreng, telur goreng, atau ayam goreng. 

Nah, itulah dia resep sayur sop yang udah pasti lezat. Mudah bukan? Selamat mencoba! (Penulis: Sunia Dzakiyyah Fadhiilah Putri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel