Menyingkap Kekalahan Tim Nasional Indonesia di Leg I Final Piala AFF 2020

Teknokra.id - Kekalahan Indonesia melawan Thailand pada tanggal 29 Desember 2021 yang dilaksanakan pada pukul 19.30 WIB lalu memang membuat para pendukung Indonesia bersedih hati. Bagaimana tidak? Indonesia kalah telak 4-0 dari Thailand. 

Di 5 menit pertama Thailand sudah mencetak gol, melalui tendangan C. Songkrasin. Timnas Indonesia tertinggal 1-0 dari Thailand. 

Menyingkap Kekalahan Tim Nasional Indonesia di Leg I Final Piala AFF 2020

Timnas Indonesia masih mengatur posisi dan cara bermainnya. Sampai babak pertama berakhir, belum ada perubahan skor, yaitu 1-0 dengan Timnas Indonesia masih tertinggal. 

Berjalan 7 menit dari pertandingan babak kedua C. Songkrasin kembali menambahkan skor ke gawang Timnas Indonesia. Timnas Indonesia sudah kebobolan 2 kali dari Timnas Thailand. Timnas Indonesia masih mencoba untuk menyusul kekalahan akan tetapi Timnas Thailand tidak memberikan kelonggaran untuk Timnas Indonesia mencetak gol. 

Pada menit ke-67 Timnas Thailand kembali mencetak gol oleh tendangan Sarchat. Kedudukan menjadi 3-0 dan Timnas Thailand masih memimpin. 

Kembali Timnas Indonesia harus memungut bola dari dalam gawangnya pada menit ke-83. Thailand kembali membuat gol ke-4 nya lewat tendangan B. Phala. Kedudukan berubah 0-4 untuk Thailand. 

Selaku pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong mengatakan ada 3 alasan mengapa Timnas Indonesia kalah, yang pertama yaitu Indonesia dihuni banyak pemain muda. Kebanyakan pemain Indonesia belum pernah merasakan laga final dengan tekanan seperti pada Piala AFF. Menurut Shin Tae-Yong, banyak pemain Timnas Indonesia yang memainkan final pertamanya pada laga kali ini.

Alasan kedua, yaitu Indonesia yang kebobolan gol cepat dari Timnas Thailand pada menit ke-2 telah membuat Indonesia kesulitan untuk bangkit dari tekanan di awal. Tidak dapat dipungkiri bahwa kebobolan pada menit pertama akan sangat menimbulkan tekanan yang teramat dan hal ini akan terus mempengaruhi hingga akhir pertandingan.

Alasan yang terakhir yaitu tidak dilaksanakan secara optimal peluang emas Dewangga pada menit ke-41. Alfeandra Dewangga yang mendapat peluang via serangan balik justru kurang memanfaatkannya dengan optimal. Umpan silang dari tepi kiri yang telah dilepaskan oleh Irfan Jaya sebenarnya mampu sampai pada kaki Dewangga. Namun, ia gagal membuatnya menjadi gol. Hal ini tentu saja menimbulkan kekecewaan banyak orang, khususnya pendukung Timnas Indonesia.

Sejak babak pertama, Indonesia lebih banyak berada dalam tekanan Thailand. Kemudian, saat tekanan Thailand mengendur, Indonesia sudah kehilangan ritme permainan dan fokus (Penulis: Adhitya Putra P).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel