Kenali Jenis Masker dan Kegunaannya

Teknokra.id - Kehidupan yang semakin sulit untuk bernapas lega, mengharuskan kita untuk menggunakan masker saat melakukan aktivitas, khususnya di luar rumah. Berbagai macam masalah lingkungan menyebabkan kita untuk selalu menggunakan masker.

Hal tersebut akhirnya melahirkan berbagai jenis masker dan juga kegunaannya yang berbeda-beda. Lalu apa saja jenis-jenis masker itu? Apa saja fungsinya? 

Kenali Jenis Masker dan Kegunaannya

Yuk, kita ungkap jenis-jenis masker dan kegunaannya!

1. Masker Kain

Sesuai dengan namanya, masker kain merupakan masker yang terbuat dari bahan kain. Masker ini sangat mudah dibuat oleh penggunanya sendiri dengan menggunakan peralatan yang sederhana, tanpa harus melakukan penelitian khusus loh. Masker kain mampu menyaring partikel sebesar 30-40%. Terdapat tiga lapisan yang direkomendasikan oleh WHO untuk membuat masker kain, di antaranya lapisan paling dalam yang terbuat dari bahan yang dapat menyerap air, lapisan tengah kedap air terbuat dari bahan tanpa tenun sintetis seperti polipropilena atau lapisan katun yang dapat meningkatkan penyaringan dan menahan droplet, serta lapisan terluar kedap air yang membatasi kontaminasi dari luar  ke dalam hidung dan mulut pemakai.

Masker kain biasa digunakan oleh masyarakat untuk berjalan kaki, naik transportasi umum, ataupun ke tempat-tempat yang tidak terlalu memberikan dampak bahaya bagi pernapasan manusia, misalnya pasar, taman, dan sekolah. Meski begitu, masker kain harus selalu dibersihkan dengan air yang mengalir ketika sudah selesai digunakan, agar debu dan polusi yang menempel pada kain dapat hilang dan tidak berbahaya bagi penggunanya.

2. Masker Medis

Masker medis adalah salah satu jenis masker antivirus efektif yang dapat mencegah penularan virus dan bakteri. Berbeda dengan masker kain, masker medis lebih diprioritaskan untuk orang yang sedang sakit. Masker ini memiliki kemampuan menyaring udara yang lebih baik. Kekurangan masker ini adalah tidak dapat dicuci setelah digunakan.

3. Masker KN95

Masker KN95 merupakan masker medis yang memiliki kemampuan menyaring udara lebih baik dari masker medis sebelumnya. Sesuai dengan namanya, masker ini mampu menyaring udara sebesar 95%. Masker ini digunakan oleh tenaga medis yang melakukan tindakan beresiko tinggi tertular virus, seperti memasang tabung oksigen dengan pasien yang sakit, menyuntikan pasien dengan obat, dan lain sebagainya. Meskipun harga yang lebih mahal dibanding masker medis, masker KN95 tetap sering digunakan karena daya saringnya yang lebih baik loh friends!

4. Masker Avon M50

Masker Avon M50 adalah masker yang memiliki perlindungan udara dengan sistem yang lebih canggih. Masker jenis ini memiliki tingkat kenyamanan, perlindungan, dan efektivitas yang lebih baik dari masker sebelumnya. Tidak hanya itu, bentuk filter konformal yang pas dan rapat menjadikan masker ini memiliki bobot yang lumayan baik. Fitur canggih lainnya dari masker ini adalah terdapat mikrofon internal yang digunakan untuk berkomunikasi. Masker Avon M50 sering digunakan oleh angakatn militer pada saat menjalankan tugas. Oleh karena itu, banyak fitur canggih yang ada di dalamnya.

5. Masker GP-5

Masker GP-5 adalah masker yang diproduksi oleh Uni Soviet pada tahun 1962 hingga 1990. Masker ini merupakan jenis masker full face karena menyelimuti hampir seluruh bagian kepala pengguna. Masker ini memiliki beban sebesar 1,09 Kg yang menjadikannya salah satu masker ringan. Selain itu, masker ini memiliki kemampuan tahan di segala cuaca dan suhu. 

Kekurangan dari masker ini adalah terdapat bahan asbes pada filter udaranya sehingga jarang digunakan karena mendapat perdebatan oleh berbagai pihak mengenai efek bahaya dari bahan kimia asbes itu sendiri. Masker GP-5 ini diproduksi dengan tujuan untuk menahan paparan radioaktif selama masa perang berlangsung saat itu. Namun kini, masker GP-5 digunakan oleh sebagian orang sebagai atribut saat merayakan hari spesial saja.

6. Masker Modelex 9000

Masker Modelex 9000 merupakan salah satu masker yang menutupi seluruh wajah bagian depan penggunanya. Masker ini diperuntukan untuk pekerja keras agar mampu menahan udara berbahaya sekaligus melindungi wajah dari benturan serpihan bahan-bahan keras tertentu saat bekerja. 

Masker ini menggabungkan inovasi teknologi dengan kenyamanan ergonomis untuk memberikan perlindungan yang baik saat digunakan. Kelebihan lainnya dari masker ini adalah dapat dibersihkan dengan mudah saat selesai digunakan.

7. Masker C50 AIR & T94i-R

Masker C50 Air & T94i-R adalah masker yang khusus untuk melindungi penggunanya dari berbagai ancaman, seperti bahan kimia, nuklir, biologi, dan radioaktif. Masker ini di desain khusus untuk pasukan militer bersenjata yang turun langsung pada saat bekerja. Masker ini menawarkan perlindungan tinggi, bidang penglihatan yang bagus, dan kenyamanan yang menakjubkan. Masker ini ideal digunakan pada saat di Medan perang.

Nah, itulah dia beberapa jenis masker dan kegunaannya yang telah berhasil Teknokra.id rangkum untuk kalian. Tetap jaga kesehatan dan jangan lupa selalu memakai masker saat beraktivitas di luar rumah ya (Penulis: Fauzan Muhammad Al Hazmi).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel