Mengulik Fakta Menarik Jurusan Ilmu Komunikasi

Teknokra.id - Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan salah satu jurusan dengan jumlah peminat yang terbilang cukup tinggi di Indonesia. Jurusan yang masuk kedalam rumpun sosial humaniora ini hampir tersebar diseluruh perguruan tinggi di Indonesia baik itu perguruan tinggi negeri maupun swasta. 

Di Universitas Lampung (Unila) sendiri, jurusan ilmu komunikasi menempati urutan ke-empat sebagai jurusan dengan peminat terbanyak setelah pendidikan kedokteran, manajemen, dan ilmu hukum. Dibandingkan dengan jurusan lainnya, jurusan ilmu komunikasi terbilang memiliki tingkat persaingan yang ketat. 

Mengulik Fakta Menarik Jurusan Ilmu Komunikasi

Pada tahun 2020 lalu, untuk jalur masuk SBMPTN saja terdapat sekitar 1.226 pendaftar dengan daya tampung hanya sekitar 65 orang. Hal ini membuktikan bahwa jurusan yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri bagi kalangan mahasiswa. 

Lalu apa sebenarnya yang membuat jurusan ini memiliki begitu banyak peminat? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Prospek Kerja yang Luas

Yups, peluang kerja yang luas menjadi salah satu alasan mengapa jurusan Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati oleh mahasiswa. Pasalnya di era yang serba digital seperti sekarang ini, hampir semua perusahaan sangat membutuhkan orang-orang yang terlibat dalam kerja-kerja bidang komunikasi seperti Public Relation, Digital Marketing, Content Creator, Periklanan dan lain sebagainya.

2. Tugas yang Menyenangkan

Bagi sebagian besar orang, mata kuliah dan tugas merupakan persoalan yang cukup diperhitungkan dalam memilih jurusan. Nah, untuk kamu yang suka dengan tugas yang mengandalkan kerja tim, di jurusan Ilmu Komunikasi kalian akan dihadapkan dengan tugas-tugas yang menyenangkan dan cukup mengasah daya kreatifitas para mahasiswanya. Tugas-tugas tersebut antara lain seperti desain logo, membuat iklan layanan masyarakat, mengadakan event, membuat liputan berita, hunting foto dan lain sebagainya.

3. Sangat Minim Mata Kuliah Hitung-hitungan

Untuk kalian yang tidak menyukai mata kuliah yang berhubungan dengan hitung-hitungan, tenang saja, di jurusan Ilmu Komunikasi, kita akan jarang sekali menemukan angka atau bahkan menghafal rumus-rumus seperti kebanyakan jurusan eksakta lainnya. Mata kuliah berbasis hitungan hanya akan kita temukan pada saat semester lima, tepatnya pada mata kuliah statistika. Selebihnya mahasiswa akan lebih mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan bidang ilmu komunikasi.

4. Mempelajari Banyak Hal

Ilmu komunikasi tidak melulu mempelajari teknik berbica di depan umum (public speaking). Lebih daripada itu, di jurusan ilmu komunikasi ini juga kalian akan mempelajari berbagai macam disiplin ilmu lain seperti filsafat komunikasi, periklanan, produksi siaran tv, fotografi, jurnalistik, desain komunikasi visual dan mata kuliah menarik lainnya yang tentu akan semakin memperkaya pengetahuan kalian.

Itulah sedikit ulasan tentang fakta menarik jurusan ilmu komunikasi. Semoga ulasan ini dapat menambah pengetahuan baru dan membuat kalian lebih yakin lagi dalam memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat teman-teman semua (Penulis: Ihwana Haulan).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel