Mengenal Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan Manusia

 Teknokra.id - Buah kecil dan juga berwarna kuning, kira-kira buah apa ya? yap betul, buah Duku. 

Buah kecil yang satu ini ternyata banyak disukai oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti pernah mencicipi buah yang satu ini. Selain memiliki cita rasa yang manis, buah Duku ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Nutrisi yang terkandung dalam buah ini, seperti serat, karbohidrat, vitamin C, kalium, kalsium, hingga natrium dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan. Lalu, apa sih manfaat dari buah Duku ini?

Mengenal Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan Manusia

Nah, kali ini Teknokra.id akan membahas apa saja manfaat buah Duku bagi kesehatan manusia.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Hadirnya vitamin C pada buah Duku, menjadikan buah ini memiliki pengaruh yang baik bagi peningkatan sistem daya tahan tubuh. Vitamin C yang ada pada buah ini mampu membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh manusia. Tak hanya itu, adanya vitamin C juga membantu dalam mencerna lemak di dalam tubuh.

Jika merasa khawatir akan menurunnya daya tahan tubuh anda, buah ini bisa membantu Anda dalam meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

2. Tidak Membuat Tubuh Cepat Lemas

Serat yang terkandung dalam buah ini memberikan manfaat bagi tubuh agar dapat menahan rasa lapar yang lebih lama. Jika Anda mengkonsumsi buah ini, Anda akan kenyang dengan waktu yang lebih lama. Selain itu, karbohidrat yang ada di dalam buah ini mampu memberikan Anda energi yang lebih untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

3. Obat Anti Malaria

Ekstrak biji yang dihasilkan dari buah Duku ternyata memberikan manfaat bagi tubuh manusia sebagai obat anti penyakit malaria.

Hal ini diungkap melalui penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Inggris  dan Thailand dalam jurnal Phytochemistry yang mengungkapkan ekstrak biji Duku dapat dimanfaatkan dalam menyembuhkan penyakit malaria.

Namun begitu, Anda juga harus konsultasi dengan dokter yang memang ahlinya dalam mengobati penyakit malaria.

4. Mencegah Kanker

Selain mencegah penyakit malaria, ternyata buah Duku juga dapat mencegah kanker loh! Kandungan anti mutagenik yang terdapat pada daun buah duku dapat dimanfaatkan untuk mencegah perkembangbiakan sel kanker pada tubuh.

5. Pengganti Obat Tetes Mata

Selain ekstrak daun yang bermanfaat sebagai pencegah penyakit kanker, ternyata ada ekstrak lain yang juga bermanfaat bagi Kesehatan manusia, yaitu ekstrak buah Duku-nya sendiri.

6. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Vitamin C dan vitamin D yang dimiliki buah Duku mampu memberikan manfaat juga pada Kesehatan gigi dan mulut. Vitamin tersebut mampu mengatasi masalah mulut seperti, gusi berdarah, sariawan, hingga bau mulut.

Lalu, manfaat lainnya dari buah Duku adalah mampu memberikan kekuatan pada gigi. Hal ini dikarenakan kandungan fosfor yang juga terdapat pada buah Duku.

7. Menguatkan Tulang

Tak hanya gigi yang menjadi kuat, tulang pada tubuh manusia juga dapat menjadi lebih kuat dengan mengkonsumsi buah Duku. Sama halnya dengan gigi, tulang pada tubuh dapat menjadi kuat karena adanya kandungan fosfor yang terdapat pada buah Duku.

8. Mencegah Anemia

Zat besi yang terkandung dalam buah Duku mampu mencegah penyakit anemia pada seseorang. Zat besi ini mampu meningkatkan sel darah merah, sehingga penyakit anemia dapat dicegah.

Nah ternyata banyak sekali manfaat dari mengkonsumsi buah Duku untuk kesehatan manusia. Dengan mengkonsumsi buah Duku secukupnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Namun harap diperhatikan dalam mengkonsumsinya yaa! Jangan berlebihan, karena suatu hal yang berlebihan itu tidak baik (Penulis: Fauzan Muhammad Al Hazmi).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel