Tips Meraih IPK Tinggi di Tengah Kesibukan Organisasi

Teknokra.id - Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sangat penting bagi mahasiswa. Apalagi mereka yang berada di tingkat semester awal, sering kali mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan IPK semaksimal mungkin. Di samping itu, tidak sedikit mahasiswa yang sibuk dalam kegiatan organisasi, baik kegiatan internal maupun eksternal kampus. 

Walaupun demikian, mereka harus bisa memprioritaskan perkuliahan dan mempertahankan nilai IPK-nya di angka yang sempurna. Perkuliahan dengan sistem dalam jaringan (daring) memudahkan mahasiswa untuk bisa mendapatkan nilai jauh lebih baik. 

Tips Meraih IPK Tinggi di Tengah Kesibukan Organisasi

Berikut tips yang bisa kalian terapkan di dunia perkuliahan supaya bisa meraih IPK tinggi di tengah kesibukan organisasi.

1. Teguhkan Prinsip ‘Kuliah Nomor 1’

Secinta dan seloyal apapun kamu dengan organisasi yang sedang ditekuni, selalu ingat kalau kamu adalah seorang mahasiswa yang memiliki kewajiban dan target untuk lulus. Jangan kecewakan orangtua kamu yang sudah susah payah membiayai perkuliahan anaknya.

Nilai IPK merupakan akumulasi dari nilai absensi, nilai tugas, nilai UTS, dan nilai UAS, maka pastikan kamu mengikuti rules (aturan) perkuliahan. Jangan sampai ada kewajiban yang tidak terlaksanakan.

2. Mengatur Waktu dengan Baik

Masuk di dunia perkuliahan menuntut kamu untuk bisa mengatur waktu dengan sangat baik, kapan saatnya harus berkegiatan dan kapan saatnya untuk serius kuliah. Buatlah jadwal kegiatan yang di dalamnya terdapat skala prioritas, dengan begitu kamu tidak akan kebingungan melakukan suatu hal di tengah kesibukan antara kuliah dan organisasi.

3. Jangan Terlalu Banyak Ikut Organisasi

Organisasi adalah pilihan bagi mahasiswa, tetapi kamu tidak perlu mengikuti banyak organisasi yang ada di kampus. Pilihlah organisasi sesuai minat kamu sehingga kamu tidak akan merasa terbebani dan mengganggu perkuliahan. 

4. Belajar di Manapun, Kapanpun, dan dengan Siapapun

Mahasiswa yang ikut organisasi tentu akan jauh mengenal banyak orang. Dengan begitu, jangan ragu untuk bertanya perihal mata kuliah atau sekedar mencari tahu karakter seorang dosen kepada kakak tingkat.

Belajar tidak hanya melulu di rumah, sesibuk apapun mahasiswa tidak akan pernah lupa bahwa kewajiban yang paling utama adalah belajar. Oleh karena itu, usahakan kamu selalu memperhatikan mata kuliah yang sedang diemban dan belajar terutama menjelang diadakannya ujian.

5. Jangan Stres, Tetap Enjoy

Menjadi mahasiswa yang sibuk kuliah dan sibuk organisasi bukanlah suatu hal mudah untuk dijalankan, akan banyak kegiatan dan tanggung jawab yang diemban. Namun, jangan khawatir, ikuti saja alurnya, jangan stres, dan tetap bersenang-senang.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan nilai IPK yang tinggi di tengah kesibukanmu berorganisasi (Penulis: Shaffa Riyadhul Jannah. M).


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel