Ketahui Perbedaan dan Manfaat dari Foundation, BB, CC, DD Cream

Teknokra.id - Siapa sih yang tidak tahu apa itu make up? Make up bukanlah hal yang asing bagi setiap perempuan. Berkembangnya industri make up dengan produk-produk terbarunya sering kali membuat perempuan kebingungan untuk memilih base make up sebagai langkah awal untuk merias wajah. 

Hal ini dilakukan karena base make up mampu menyamarkan pori-pori, garis halus, maupun jerawat yang ada di wajah sehingga akan tampak lebih mulus. Selain foundation ternyata ada base make up lain seperti BB cream, CC cream, dan DD cream

Ketahui Perbedaan dan Manfaat dari Foundation, BB, CC, DD Cream

Meskipun mirip dan cenderung kegunaannya sama, tetapi tetap ada perbedaannya, lho! Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Foundation

Foundation adalah produk kecantikan yang digunakan sebagai base make up. Foundation memiliki warna yang berbeda-beda dan dapat disesuaikan dengan skintone dari penggunanya. Fungsi dari foundation adalah untuk meratakan warna kulit wajah dan menyamarkan noda. Selain itu, pada foundation terdapat kandungan SPF yang mampu melindungi wajah dari sinar matahari. 

Tekstur dari foundation juga beragam, seperti matte, demi-matte, dan dewy. Tidak hanya teksturnya yang beragam, bentuk dari foundation pun ada yang stick maupun liquid. Coverage dari foundation sendiri cukup tinggi dibandingkan BB dan CC Cream. Hal ini dikarenakan foundation memiliki pigmen yang padat. Meskipun banyak manfaat dari foundation, beberapa perempuan cenderung tidak memilih foundation sebagai base make up karena memberikan kesan make up yang menor dan berlebihan. 

2. BB Cream 

Beauty Balm atau Blemish Balm cream atau sering disingkat BB cream merupakan salah satu base make up. Base make up ini bisa berfungsi sebagai pelembab, foundation, maupun primer. BB cream juga memiliki kandungan skincare seperti SPF, anti-oxidant, dan kandungan lainnya, lho! Jadi, ketika kamu sudah menggunakan BB cream, maka kamu ngga perlu memakai pelembab atau sunscreen karena kandungan kedua skincare tersebut ada dalam BB cream

Tekstur dari BB cream lebih ringan dibandingkan dengan foundation, sehingga cocok buat kamu yang ngga mau pakai base make up terlalu berat tetapi tetap ingin menyamarkan noda kehitaman di wajah. Kebanyakan BB cream bersifat melembabkan yang lebih cocok digunakan oleh kamu yang memiliki skin type normal to dry.

3. CC Cream

Color Correcting atau Complexion Correcting merupakan kepanjangan dari CC Cream. Fungsi dari CC cream ini tidak jauh berbeda dari foundation dan BB cream, yakni untuk meratakan warna kulit wajah dan menyamarkan noda. Namun, karena memiliki coverage yang lebih tinggi dari BB cream, CC cream mampu menyamarkan noda dan kekusaman di wajah lebih efektif. Tekstur dari CC cream juga lebih ringan dan lebih halus dibandingkan dengan BB cream. CC cream cenderung lebih cocok digunakan untuk kamu yang memiliki skin type normal to oily karena memiliki formula yang ringan dan oil-free.

4. DD Cream

DD cream adalah singkatan dari Daily Defense. DD cream merupakan gabungan dari BB dan CC cream yang bertujuan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit yang lebih kompleks. Selain itu, DD cream juga memiliki kandungan skincare seperti SPF, anti-aging, dan anti-oxidant. Biasanya, DD cream digunakan oleh perempuan yang usianya lebih dari 30 tahun.

Nah, sekarang kamu sudah tahu, kan, perbedaan dan manfaat dari foundation, BB, CC, dan DD cream. Setelah membaca penjelasan di atas, kamu ngga perlu bingung lagi dalam memilih base make up. Pilih sesuai dengan kebutuhan kulitmu, ya! (Penulis: Nadila Wulandari).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel