Kenali Tipe-Tipe Gaya Belajar yang Cocok untuk Kamu

Teknokra.id - Bingung bagaimana gaya belajar yang cocok untuk kamu? Eits, tenang saja, Teknokra.id akan membagikan informasi terkait gaya belajar yang cocok untuk kamu terapkan.

Gaya belajar sangat mempengaruhi kamu dalam memahami materi yang sedang kamu pelajari. Setiap orang pasti memiliki tipe gaya belajar yang berbeda-beda untuk menuju kesuksesannya, seperti tipe auditori, visual, dan kinestetik. Tipe-tipe tersebut sangat penting diketahui untuk melihat tipe gaya belajar apa yang sesuai untuk kamu terapkan. 

Kenali Tipe-Tipe Gaya Belajar yang Cocok untuk Kamu

Berikut merupakan penjelasan dari tipe-tipe gaya belajar yang cocok untuk kamu terapkan saat belajar.

1. Tipe auditori

Tipe auditori cocok untuk orang yang cenderung bisa mengingat dan memahami dengan baik informasi tertentu dengan cara mendengarkan pembelajarannya. Adapun ciri-ciri dari tipe auditori adalah bagus dalam berbicara dan bercerita, tidak bisa diam dalam waktu yang lama, senang membaca dengan keras dan suka mengerjakan tugas kelompok. 

Cara mengoptimalkan pembelajaran orang dengan tipe ini adalah dengan membuat kartu-kartu hafalan yang mencatat poin-poin penting materi untuk kemudian dibacakan dengan keras secara berulang-ulang. Bisa juga dengan merekam suara saat membaca materi pembelajaran lalu dengarkan berulang-ulang hasil rekaman tersebut.

2. Tipe visual

Tipe visual cocok untuk kamu yang cenderung memiliki kepekaan yang kuat terhadap metode visual atau gambar. Ciri-ciri secara umum orang dengan tipe ini adalah suka mecoret-coret sesuatu, cepat memahami gambar dan bagan-bagan, suka membaca dan sangat teliti dengan detail-detailnya, serta lebih mudah menyerap informasi pembelajaran dari gambar-gambar. 

Cara mengoptimalkan pembelajaran orang dengan tipe ini adalah melihat dan memperhatikan orang yang sedang berbicara. Hal ini akan memudahkan kamu untuk menyerap informasi dari orang tersebut. Lalu bisa juga dengan membuat mind mapping atau media penuh gambar ilustrasi tentang topik yang sedang kamu pelajari. 

3. Tipe kinestetik

Jika kamu adalah tipe orang yang cenderung lebih sering mengerjakan sesuatu dengan melibatkan gerakan tubuh, sulit berdiam diri dan kurang suka mempelajari hal-hal yang berbau abstrak, artinya kamu cocok dengan gaya belajar kinestetik. Ciri-ciri secara umum tipe ini adalah banyak menggunakan isyarat tubuh, belajar melalui praktik langsung, menghafal dengan cara berjalan dan melihat, dan suka menggunakan peralatan sebagai media perantaranya. 

Cara mengoptimalkan pembelajaran tipe ini adalah dengan menggunakan kinetika atau gerakan karena lebih efektif untuk menyerap informasi. Berlatih mengingat materi sambil bergerak dengan berjalan atau memainkan sesuatu. Lalu yang terakhir adalah dengan learning by doing, belajar dengan sistem ini akan membuatmu lebih nyaman dan efektif untuk menyerap pembelajarannya.

Nah, itulah dia beberapa tipe-tipe gaya belajar yang mungkin dapat kamu terapkan. Kenali tipe belajar untuk dirimu sendiri dan raihlah suksesmu! (Penulis: Ruweisha).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel