Kenali Lebih Dekat tentang Pencak Silat, Apa Saja Unsur-unsurnya?

Teknokra.id - Siapa sih yang belum mengenal pencak silat? Pencak silat merupakan bela diri asli nusantara. Seni bela diri tradisional ini memiliki citra yang begitu baik di kancah nasional maupun internasional. Indonesia telah memiliki induk organisasi pencak silat untuk mewadahi dalam kejuaraan atau perlombaan antar perguruan-perguruan pencak silat. Organisasi ini bernama Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) 

Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) di dirikan pada tanggal 18 Mei 1948 di Surakarta, Jawa Tengah. IPSI bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan pencak silat, mempersatukan semua aliran dan perguruan pencak silat yang ada di Indonesia.

Kenali Lebih Dekat tentang Pencak Silat, Apa Saja Unsur-unsurnya?

Saat ini, pencak silat merupakan bagian dari jati diri bangsa. Pencak silat kini tidak mengenal gender ataupun usia, baik laki laki maupun perempuan, remaja maupun dewasa banyak yang menggeluti seni bela diri ini karena panggilan hati dari diri mereka sendiri.

Manfaat dari seni bela diri ini sangatlah banyak, apalagi bagi seorang perempuan yang tentunya dituntut untuk dapat menjaga diri dari ancaman kejahatan. Manfaat bagi kesehatan juga dapat diperoleh jika giat berlatih dalam seni bela diri ini. Walaupun resiko dalam pencak silat sendiri cukup tinggi, tapi jika belajar dengan baik dan sungguh-sungguh maka resiko yang tidak diinginkan akan teratasi.

Berikut adalah unsur-unsur pencak silat yang telah Teknokra.id rangkum.

1. Olahraga

Yap, olahraga merupakan unsur pertama dari pencak silat. Mengapa? Jawabannya sederhana, yaitu karena olahraga merupakan bagian dari pencak silat. Pencak silat adalah salah satu jenis olahraga, dan di dalamnya pun terdiri dari berbagai gerakan-gerakan olahraga.

2. Kesenian

Sudah cukup jelas bahwa pencak silat merupakan jenis bela diri asli nusantar. Artinya, pencak silat adalah ciri khas dari Indonesia. Selain itu, dalam pencak silat juga menuntut gerakan yang selaras, seimbang dan serasi layaknya sebuah tari. Hal ini telah membuat pencak silat sering dijadikan sebagai pentas tari alih-alih bela diri.

3. Bela Diri

Sesuai pengertiannya bahwa pencak silat merupakan salah satu jenis bela diri Indonesia. Maka, unsur ini merupakan fungsi utama dari pencak silat yaitu untuk menjaga keselamatan diri dan orang lain.

4. Persaudaraan

Pencak silat dilakukan tidak semata-mata untuk melindungi diri sendiri dari bahaya, melainkan juga untuk membantu orang lain. Selain itu, kita juga akan diajarkan kekompakan dan tidak boleh menyakiti sesama saat mempelajari seni bela diri ini. Hal itulah yang membuat pencak silat sangat lekat dengan unsur persaudaraan.

5. Kerohanian

Dalam pencak silat, kita juga diajarkan banyak hal selain gerakan-gerakan untuk mempertahankan diri. Hal-hal tersebut yaitu budi pekerti serta ketakwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa.

Saat ini, prestasi dalam cabang seni bela diri tidak diragukan lagi. Banyak bermunculan atlet-atlet seperti Hanifan Yudani Kusumah, Puspa Arumsari, Pipiet Kamelia, Wewey Wita, Deni Aprisani, Sarah Tria Monita, Sugianto dan masih banyak lagi atlet Indonesia yang berprestasi di kancah nasional maupun internasional.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai pencak silat. Apakah kalian tertarik untuk mempelajari seni bela diri ini? (Penulis: Rio Sanjaya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel