5 Olahan Durian yang Wajib Dicoba!

Teknokra.id - Kabar baik buat kamu para pecinta durian! Kini Indonesia telah memasuki waktu musim durian yang umumnya berlangsung pada bulan Oktober hingga Februari, bersamaan dengan musim buah-buahan lain, seperti manggis, rambutan, dan alpukat.

Buah durian yang berbentuk bundar dan berkulit keras dengan ciri khas penuh duri pada kulit luarnya, selain dapat langsung disantap, juga dapat diolah menjadi cemilan yang beraneka macam loh! Pas banget nih buat kamu yang suka durian, tapi bingung cara mengolahnya.

5 Olahan Durian yang Wajib Dicoba!

Penasaran? Yuk, simak ulasan tentang olahan makanan yang berbahan dasar durian!

1. Pancake Durian

Tahukah kamu bahwa pancake durian saat ini telah menjadi salah satu makanan yang sangat diminati masyarakat Indonesia. Mengapa demikian? Paduan antara kulit pancake yang lembut dengan isian daging durian berlimpah, membuat pancake durian ini menjadi cemilan favorit. Awalnya pancake durian dipelopori oleh warga Medan. Durian yang sering digunakan untuk membuat pancake pun adalah durian Medan. Namun, jangan khawatir jika anda tidak mempunyai durian Medan, anda masih bisa menggunakan durian lainnya kok.

2. Ketan Durian

Berbeda dengan pancake durian yang merupakan olahan makanan kekinian, ketan durian merupakan olahan makanan yang telah ada sejak zaman dahulu. Tak diketahui pasti darimana asal daerah dan juga pencipta makanan ini, tetapi makanan ini kerap dijumpai di rumah-rumah orang Sumatera. Yang pasti hingga saat ini, makanan ini juga masih menjadi makanan favorit. Terdiri atas ketan yang diberi siraman saus berupa kuah santan beraroma durian, vla durian, dan daging durian utuh. 

3. Kolak Durian

Sama seperti olahan kolak lainnya, kolak durian diolah menggunakan bahan-bahan seperti santan, gula merah, daun pandan, serta daging buah durian sebagai ciri khasnya. Kolak durian juga merupakan campuran antara kolak pisang atau ubi dengan daging buah durian yang legit. Biasanya makanan ini sangat cocok untuk dinikmati pada saat berbuka puasa di bulan Ramadhan.

4. Pie durian

Memang, pie bukanlah kue asli dari Indonesia. Namun, di Indonesia pie sudah mengalami berbagai macam variasi baik soal bentuk maupun rasa. Kali ini soal rasa, jika biasanya kulit pie ini diisi dengan vla coklat, buah, susu, dan berbagai isian lainnya, namun sekarang pie juga dapat disantap dengan isian durian. Lebih nikmat lagi, apabila isian pie durian dicampur dengan isian susu, citarasa gurih kulit pie dan manisnya isian pie durian yang dipadukan dengan isian susu menjadikan rasa makanan ini ambyar dalam mulut. Yuk mari kita coba!

5. Surabi durian

Makanan dari olahan durian yang terakhir adalah surabi durian. Pastinya setiap orang sudah mengenal cemilan yang satu ini. Yap, surabi merupakan salah satu kue tradisional yang berasal dari kota Solo. Kue surabi ini terbuat dari tepung beras dengan campuran santan dengan kuah yang memiliki berbagai pilihan rasa. Salah satunya adalah rasa durian. Kuah surabi dengan tambahan durian menjadikan rasa surabi yang semakin lezat dan menggugah selera. 

Itu tadi aneka macam olahan makanan dari buah durian yang bisa dijadikan referensi buat kalian para pecinta durian. Selamat mencoba! (Penulis: Putri Cantika Helmiana).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel