Kenali Lebih Dekat Jurusan Administrasi Negara

Teknokra.id - Apakah kamu adalah orang yang peduli dengan kondisi pelayanan masyrakat? Seperti kondisi pelayanan masyarakat yang buruk, dan kebijakan-kebijakan publik yang kurang memihak kepada masyarakat? 

Jika itu kamu, maka prodi ini adalah jawabannya. Yap, program studi Administrasi Negara akan sangat pas untuk kamu yang ingin mengubah hal itu semua dan berkecimpung dalam dunia pemerintahan.

Kenali Lebih Dekat Jurusan Administrasi Negara

Program studi Administrasi Publik atau dikenal juga sebagai Administrasi Negara adalah program studi yang di dalamnya membahas mengenai bagaimana memberikan pelayanan publik yang baik pada masyarakat. Dalam jurusan ini, kamu akan diajarkan mengenai sistem pemerintahan, pembuatan kebijakan sampai dengan pengimplementasian kebijakan lengkap dengan evaluasinya, serta segala kegiatan birokratis. 

Mata kuliah yang ada di jurusan Administrasi Negara yang akan kamu pelajari adalah pengantar ilmu administrasi publik, hukum, politik, manajemen bahkan ekonomi. Karena itu tak heran jika administrasi negara disebut sebagai jurusan yang mempelajari multi-subject

Jurusan Ilmu Administrasi Negara tak hanya belajar mengenai kebijakan publik saja, tetapi juga pelajaran pokok yang biasa ada di ranah soshum akan dipelajari di sini. Prospek kerja lulusan adminisrasi negara akan terjun ke instansi-instansi pemerintahan pusat maupun daerah, baik dalam golongan PNS (Pegawai Negeri Sipil) ataupun Non-PNS. Bahkan jurusan ini juga dapat bekerja di berbagai instansi non-pemerintahan yang bergerak di bidang pelayanan publik dan sosial, serta di bidang ekonomi dan pembangunan.

Berikut merupakan profesi dan karier dari lulusan Administrasi Negara
  1. Representatif layanan konsumen
  2. Petugas hakim hukum administrasi, juri, dan sidang
  3. Pengawas dan pemeriksa lisensi/SIM
  4. Manajer regulasi
  5. Konsultan imigrasi
  6. Pengawas imigrasi dan bea cukai
  7. Manajer layanan sosial dan komunitas
  8. Manajer layanan administrasi
  9. Staf Administrasi
  10. General Affairs
Nah, itulah penjelasan singkat mengenai jurusan Administrasi Negara. Bagaimana? Apakah kamu akan melanjutkan studi di jurusan ini? (Penulis: Ruweisha).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel