Cara Membuat Cireng, Olahan Nikmat dari Jawa Barat

Teknokra.id - Bicara tentang daerah Jawa Barat, maka pikiran kita akan langsung berfokus pada kulinernya yang khas. Provinsi dengan mayoritas Suku Sunda ini terkenal dengan masyarakatnya yang kreatif dalam membuat olahan-olahan yang unik, menarik dan enak tentunya.

Sebut saja seblak, siomai, batagor, cilung, cilor, rujak tahu, misro dan lain sebagainya merupakan sebagian kecil contoh olahan khas jawa barat yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Salah satu olahan yang tidak kalah terkenal lainnya adalah Cireng. 

Cara Membuat Cireng, Olahan Nikmat dari Jawa Barat

Yups, Cireng (Aci digoreng) merupakan olahan kuliner yang terbuat dari adonan tepung tapioka. Makanan khas kota Bandung ini hampir memiliki bentuk yang mirip dengan Mpek-mpek Palembang. Namun, yang menjadi ciri khas dari cireng yaitu pada bentuknya yang pipih dan bahan pembuatannya yang tidak menggunakan campuran daging ikan. 

Di Kota Bandung sendiri, olahan cireng merupakan jajanan pinggir jalan. Maka jangan heran, jika biasanya makanan ini banyak kita jumpai di pinggir-pinggir jalan atau dikantin-kantin sekolah, karena memang kebanyakan dari peminatnya merupakan kalangan anak muda dan juga anak-anak.

Untuk kamu yang penasaran tentang bagaimana proses pembuatan cireng, berikut ini adalah caranya.

Bahan-bahan (untuk satu kali hidangan)
  1. 250 gram tepung tapioka
  2. Tiga suing bawang putih
  3. Dua suing bawang merah
  4. Irisan daun seledri
  5. 50 gram tepung terigu
  6. Lada bubuk
  7. Irisan daun bawang
  8. Penyedap rasa
  9. Garam
  10. Minyak goreng
  11. Air panas

Langkah-langkah
  1. Masukkan tepung tapioka dan tepung kanji ke dalam wadah besar.
  2. Haluskan bawang putih, bawang merah, merica, lada, garam, dan penyedap rasa sampai benar-benar halus.
  3. Campurkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam tepung bersama irisan seledri dan daun bawang, lalu aduk hingga merata.
  4. Setelah diaduk merata, tuangkan air panas secara perlahan kemudian aduk kembali sampai adonan benar-benar kalis dan mudah untuk dibentuk.
  5. Setelah dirasa cukup, ambil sedikit demi sedikit adonan lalu bentuk adonan hingga pipih. Saat digoreng adonan cireng nantinya akan mengembang, oleh karena itu, jangan buat bentuk adonan terlalu besar.
  6. Setelah semuanya selesai dibentuk, panaskan minyak goreng secukupnya dengan api sedang. Lalu goreng adonan sampai matang sempurna, tidak perlu terlalu lama karena adonan cireng tidak membutuhkan waktu lama untuk matang.
  7. Setelah matang, tiriskan cireng sampai minyak yang ada di dalamnya habis.
  8. Cireng pun siap untuk disajikan. untuk bahan pelengkap bisa juga menggunakan saus sambal ataupun racikan bumbu cuka yang kalian suka.

Itulah sedikit tips tentang bagaimana cara membuat olahan cireng, semoga bemanfaat dan bisa kalian coba di rumah yaa. Selamat mencoba! (Penulis: Ihwana Haulan).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel