Penyebab Lemahnya Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar

Teknokra.id - Waktu liat berita soal nilai tukar mata uang Indonesia terhadap dolar Amerika yang semakin merosot, seribu pertanyaan pun muncul di kepala. Kenapa rupiah melemah lagi? Kenapa itu bisa terjadi? Apa krisis ekonomi yang bikin ngeri bisa terulang kembali?

Walaupun saat ini rupiah terlihat naik dibandingkan dahulu, tetap saja hal ini patut dipertanyakan. Tahun 1990-an melemahnya rupiah jauh lebih parah dari saat ini. Pada tahun 1998, pertumbuhan ekonomi, tingkat inflasi, sampai angka kemiskinan jauh lebih tinggi dari pada sekarang.

Penyebab Lemahnya Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar

Tapi, ngomong-ngomong soal rupiah yang melemah lagi, sebenarnya kenapa sih ini bisa terjadi? Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar.

1. Perekonomian di Amerika sedang meningkat

Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat menyebabkan spekulasi Bank Sentral AS (The Fed) segera menaikkan suku bunga (Fed Rate). Dengan kenaikan suku bunga di Amerika Serikat, maka suku bunga di negara lain akan cenderung tetap atau bisa menurun. Suku bunga tinggi ini menimbulkan aliran dana ke aset dalam dolar.

2. Menurun dan anjloknya komoditas ekspor Indonesia

Pada September 2021 lalu, Indonesia mengalami kenaikan yang pesat akan permintaan ekspor ke luar negeri. Namun hal ini dikabarkan tidak akan berlangsung lama. Mengingat semakin banyaknya pemesanan saat ini, maka sangat dimungkinkan setelah kebutuhan mereka terpenuhi, maka mereka akan menghentikan pemasokan barang ekspor. Hal ini tentu saja berimbas pada menurunnya komoditas ekspor di Indonesia.

3. Impor barang yang semakin tinggi

Ketergantungan Indonesia akan produk impor menjadi salah satu alasan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Ketergantungan ini bisa memperburuk depresiasi nilai tukar rupiah. Angka impor yang tinggi juga dikhawatirkan ikut membayangi inflasi. Besarnya impor berdampak pada pelemahan rupiah. Jika dibiarkan begitu saja, maka kenaikan harga barang, khususnya barang konsumsi akan lebih terasa.

4. Melemahnya ekonomi Tiongkok

Mengapa melemahnya ekonomi Tiongkok termasuk faktor melemahnya nilai tukar rupiah? Jawabannya yaitu karena negara kita adalah salah satu mitra ekonomi Tiongkok. Tingginya permintaan dari negeri tirai bambu terhadap barang-barang dari Indonesia tentu akan membuat penguatan terhadap nilai rupiah. Situasi tersebut tentunya akan berubah jika kondisi ekonomi Tiongkok mengalami penurunan.

Nah, itulah beberapa faktor penurunan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang berhasil Teknokra.id rangkum (Penulis: Rio Sanjaya).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel