Ambisi Mahasiswa Hukum Unila pada Semester Awal: Kupu-kupu atau Kura-kura?

Teknokra.id - Jurusan Ilmu Hukum adalah jurusan kuliah ke-3 di rumpun soshum (sosial dan humaniora) yang sangat diminati oleh calon mahasiswa baru. Tidak heran jumlah kuota mahasiswa jurusan hukum ditetapkan lebih banyak ketimbang jurusan lainnya oleh universitas di seluruh Indonesia.

Terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara Fakultas Hukum dengan fakultas lainnya. Fakultas Hukum hanya memiliki satu jurusan, yakni S1 Ilmu Hukum, dengan berbagai bidang-bidang hukum (peminatan hukum), di antaranya hukum pidana, hukum perdata, hukum internasional, hukum tata negara, dan hukum administrasi negara. 

Ambisi Mahasiswa Hukum Unila pada Semester Awal: Kupu-kupu atau Kura-kura?

Untuk kamu yang menyukai isu sosial dan isu hukum di kancah nasional maupun kancah internasional sangat cocok untuk melanjutkan pendidikan ke Fakultas Hukum. Di sini aku akan sedikit sharing tentang kesibukan mahasiswa baru Fakultas Hukum, Universitas Lampung berdasarkan perspektif aku sebagai mahasiswa angkatan 2021. 

Mahasiswa hukum unila lebih sibuk organisasi daripada kuliah

Di semester awal, satuan kredit semester (SKS) dan materi yang kami emban tidak begitu sulit. Menyadari bahwa mahasiswa hukum butuh kemampuan public speaking atau publik relasi yang baik, maka dari itu tidak heran bahwa kami lebih menyibukkan diri berorganisasi ketimbang kuliah. Kendati demikian, kuliah bagi kami adalah prioritas untuk didahulukan.

Dengan ikut organisasi di fakultas atau biasa disebut UKM-F (Unit Kegiatan Mahasiswa-Fakultas) tentu kamu akan menjaring banyak kenalan. Mengingat pada Fakultas Hukum Universitas Lampung memiliki berbagai macam UKM-F yang bisa kamu ikuti.

Tidak hanya itu, kita akan lebih mendalami isu-isu hukum dan praktik hukum di Fakultas Hukum Unila. Mereka yang sangat sibuk dengan organisasi biasa disebut ‘kura-kura’ yang merupakan akronim dari ‘kuliah rapat-kuliah rapat’.

Banyak waktu free bagi mahasiswa hukum di semester awal

Bagi mahasiswa hukum yang masih berada di semester awal pasti merasa bahwa perkuliahan tidak begitu padat, malah banyak waktu luang yang bisa kita gunakan untuk hangout bareng teman-teman di luar jam perkuliahan. Namun, di kala pandemi seperti ini biasanya waktu luang tersebut hanya digunakan untuk menghabiskan waktu di rumah saja, mahasiswa seperti ini kerap dijuluki ‘mahasiswa kupu-kupu’ (kuliah pulang-kuliah pulang).

Jadi, Apakah kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke Fakultas Hukum Unila? Kalau suatu hari nanti resmi menjadi mahasiswa, lebih memilih kura-kura atau kupu-kupu, nih? (Penulis: Shaffa Riyadhul Jannah. M).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel