7 Tips Murah untuk Hidup Sehat Ala Mahasiswa

Teknokra.id - Pola hidup sehat bagi mahasiswa sering kali tak dihiraukan. Kesibukan lebih dipentingkan daripada istirahat dan makan. Padahal pola gaya hidup sehat  sangat penting ketika kita menjadi mahasiswa. Seperti makan teratur, asupan gizi yang baik dan istirahat yang cukup.

Lantas apa penyebabnya? Menurut faktor psikologi, 80% mahasiswa dipengaruhi oleh pola gaya hidup yang ada pada lingkungannya. Hal ini bahkan terjadi saat memasuki masa awal perkuliahan, di mana mahasiswa banyak sekali menjalankan kegiatan yang membuat sering kali lupa makan. 

7 Tips Murah untuk Hidup Sehat Ala Mahasiswa

Selain pola hidup yang kurang baik, mahasiswa identik dengan hidup irit. Jangankan makan tiga kali sehari, bisa makan dua kali sehari aja sudah seperti menjadi sultan. Benarkan? Jadi, di sini Teknokra.id sudah menyiapkan beberapa tips nih! Yuk, simak dulu tips murah untuk hidup sehat ala mahasiswa.

1. Berpuasa

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang dapat berpuasa minimal satu bulan sekali memiliki resiko 58% lebih rendah terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang sama sekali tidak berpuasa. Tetapi ingatlah selain berpuasa, untuk menjaga kesehatan jantung perlu juga seperti pola makan yang teratur dan olahraga.

2. Sarapan

Untuk memulai hari kita, jangan pernah lewatkan sarapan pagi. Sarapan pagi penting sebagai sumber energi. Untuk bisa hemat dan praktis, kamu bisa membeli roti dan olesannya sebagai persediaan sarapan untuk beberapa hari ke depan. Selain praktis, sarapan dengan roti juga cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi setiap pagi.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Selalu ingat dengan slogan dari empat sehat lima sempurna. Jangan melulu pilih mi instan. Mulai untuk coba pilih makanan yang banyak mengandung serat dan kaya akan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh, ya.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Jangan terus-terusan minum es teh atau minuman yang berwarna, lebih baik perbanyak minum air putih yang jelas bermanfaat untuk kesehatan tubuh kamu.

5. Mengendalikan Stres

Stres tidak selamanya merugikan. Ia akan muncul ketika eksistensi manusia sedang terancam, sehingga membantu kita untuk tetap survive dalam menghadapi masalah. Namun stres yang berlebihan juga tidak baik. Hal itu justru akan menyebabkan seseorang menjadi sakit, mudah marah, gugup, bahkan sampai merasa putus asa.

6. Tidur yang Cukup

Rata-rata mahasiswa laki-laki tidur di atas pukul 00.00 karena berbagai alasan seperti mengerjakan tugas, bermain game dan bahkan hanya sekedar kumpul-kumpul tidak jelas. Mereka menggangap sudah tidak memungkinkan untuk tidur seperti pada saat SMP dan SMA. Meski sudah mencoba tidur pukul 21.00, mata tetap tidak merasakan kantuk. Begadang itu sangat tidak baik bagi kesehatan. Sebanyak apapun tugas dari dosen, usahakan untuk tidur yang cukup sesuai porsinya. Kalau ada waktu senggang, bagi waktunya untuk istirahat dan bermain. Jadi harus seimbang, ya.

7. Olahraga

Sering kali olahraga merupakan kegiatan yang dilupakan, padahal dengan olahraga dapat melancarkan peredaran darah dan menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit. Sempatkanlah olahraga ringan seperti lari pagi, bersepeda atau minimal jalan kaki 30 menit di pagi hari karena dengan olahraga ringan tersebut sudah cukup menghindarkan tubuh dari penyakit jantung, stroke, diabetes dan osteoporosis.

Nah, bagaimana? Mudah dan murah, bukan? kita tidak perlu sampai merogoh kocek berjuta-juta rupiah untuk hidup sehat. Bahkan, dengan semua tips di atas kita bisa terhindar dari berbagai penyakit termasuk kanker (kantong kering). Selamat mencoba, ya! (Penulis: Shobbah Mubarok Robbani)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel