Kenali Sisi Lain MSG atau Micin

Teknokra.id - Monosodium Glutamate (MSG) atau biasa kita kenal dengan sebutan micin. Micin adalah salah satu penyedap makanan yang sering digunakan masyarakat. 

Siapa yang tak kenal dengan micin? Micin adalah salah satu bumbu penyedap yang sering kita dengar bahwa bila memakannya terlalu banyak, akan menyebabkan kebodohan. 

Kenali Sisi Lain MSG atau Micin

Kita juga pasti sering mendengar kata-kata generasi micin. Nah, ternyata di sisi lain ada sesuatu yang jarang diketahui loh. Micin ternyata bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman. Mari kita simak manfaat micin bagi tanaman.

1. Meningkatkan kadar air pada tanaman

Micin memiliki manfaat untuk meningkatkan kadar air pada tanaman kita, karena di dalamnya terdapat kandungan senyawa natrium yang dapat meningkatkan air. Senyawa ini digunakan untuk diserap langsung. Peningkatan kadar air pada tanaman sangat berguna agar tanaman tidak menjadi kekurangan air dan menjaga pertumbuhan tanaman.

2. Membuat warna daun lebih hijau

Manfaat selanjutnya adalah micin dapat membuat warna daun menjadi lebih hijau karena zat hijau daun terbuat dari asam glutamat. Pemberian larutan micin pada beberapa jenis tanaman akan membuat warna daun menjadi lebih segar dan terlihat lebih hijau.

3. Mempercepat pembungaan pada tanaman

Micin dapat mempercepat proses pembungaan terlebih untuk tanaman sayur dan  tanaman hias. Micin pada fase ini bisa bekerja karena dipengaruhi senyawa natrium, seperti yang kita ketahui bahwa apabila pembungaannya banyak, maka bauahnya pun akan lebih banyak.

4. Bisa dijadikan sebagai pupuk

Selain beberapa hal diatas, micin ternyata bisa juga dijadikan sebagai pupuk bagi tanaman aglonema. Tanaman yang diberi larutan micin akan kelihatan lebih segar, karena terdapat senyawa C,H,O dan Na. Beberapa buah-buahan pun tampak lebih subur jika diberi larutan ini, contohnya tanaman stroberi. Selain menyuburkan micin, juga bisa membuat buah stroberi lebih banyak serta rasanya jauh lebih manis.

5. Tanaman akan lebih tahan serangan penyakit

Di dalam micin terdapat juga kandungan kalium yang memiliki manfaat untuk meningkatkan ketahanan tanaman kita. Pada fungsi lainnya, kalium pada micin dapat mengatur pembukaan dan penutupan pada stomata. Sehingga dapat meningkatkan fotosintesis dan metabolisme tanaman.

Nah gimana nih, udah tau kan ternyata ada sisi lain manfaat di micin ini. Oleh karena itu, apabila kita bijak memakai sesuatu pastilah akan memiliki dampak yang baik. Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, tapi ingat kawan bahwa yang membuat kita bodoh adalah malasnya kita belajar ya (Penulis: Pratiwi Dwi Lestari).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel