5 Amalan yang Kelak Menerangi Kuburmu

Teknokra.id - "Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan kematian" kalimat ini tentu sering sekali kita dengarkan. Namun disini yang menjadi pertanyaan, apa persiapan kita? apa yang sudah kita persiapkan untuk menghadapi hal itu semuanya? 

Alam kubur menjadi tempat pertama setelah kematian untuk menuju akhirat. Selanjutnya tempat seseorang melihat balasan dari amalnya disebut Barzah. Perjalanan akan lebih mudah jika selamat, namun perjalanan akan semakin sulit ketika kesengsaraan menimpanya. Kubur seseorang dapat pula menjadi gelap apabila amal-amal baik sedikit karena perbuatan maksiat yang sudah diperbuat. 

5 Amalan yang kelak Menerangi Kuburmu

Nah disini, akan saya bagikan mengenai apa saja amalan yang apabila kita mengamalkan ini insyaallah kita akan diberikan cahaya yang akan menerangi kuburan kita kelak. Masyaallah, apa saja amalannya? Mari teman teman simak baik baik.

1. Pertama, adalah hal yang paling utama yaitu menjaga solat 5 waktu,karena amalan yang paling pertama dihisab kelak di yaumul akhir di akhirat adalah Solat. Jadi, yuk sama-sama kita menjaga solat kita.

2. Kedua, jangan pernah kita lupakan doa ini sebelum tahiyatul akhir yang bunyinya Allaahumma inni a'uudzubika min 'adzaabil qabri wa min 'adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal. Nabi selalu mengajarkan kepada umatnya agar membaca doa tersebut sehingga dapat terselamatkan dari fitnah dan bujuk rayu yang menyesatkan.

3. Ketiga, kemudian kita jangan lupa untuk berdzikir dengan bacaan “subhanallah wabihamdzihi subhanallah hilladzim” dua kalimat yang ringan diucapkan, namun memiliki timbangan yang sangat berat dan pula dicintai oleh Allah SWT.

4. Keempat, sedekah. Setiap insan dianjurkan sedekah menurut kemampuan masing-masing. Sedekah Tidak harus selalu dengan materi. Apapun yang dilakukan jika diiringi dengan hati yang ikhlas maka dapat di sebut sedekah, misalnya menolong, mengajarkan ilmu agama,  dan lain sebagainya. Adapun sedekah yang selalu mengalir bagi orang-orang yang hidup setelahnya menjadi amal jariyah tersendiri dan penerang dalam kubur bagi sang mayit.

5. Kelima, jangan pernah kita meninggalkan bacaan Al-Qur'an kita meskipun satu ayat dalam satu hari, karena Rasulullah SAW bersabda yang artinya "bacalah Al-Qur'an karena kelak Al-Qur'an akan menjadi penolong syafaat kita kelak di yaumil akhir".

Nah itulah amalan-amalan yang apabila kita mengamalkan ini insyaallah kita akan diberikan cahaya yang akan menerangi kuburan kita kelak. Semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Allah SWT dan jangan lupa untuk mengerjakan amalan-amalan baik lainnya! (Penulis : Afifah).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel