Kenali Apa Itu NFT, Kelebihan dan Kekurangannya

Teknokra.id - Di pertengahan tahun 2021 sampai awal tahun 2022 ini, sedang trend kata NFT. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini banyak pekerja di bidang seni yang menjual karyanya di NFT ini. 

Jadi apa sih NFT itu? Gimana sih cara kerjanya? 

Kenali Apa Itu NFT, Kelebihan dan Kekurangannya

Jadi, NFT itu singkatan dari Non-Fungible Token. Pertama-tama mari kita bahas terlebih dahulu pengertian "Non-Fungible". "Non-Fungible" yang mempunyai arti unik dan tidak bisa diganti dengan yang lain. 

Seperti contohnya, apabila kamu mempunyai Bitcoin dan ingin menukarkan dengan Bitcoin lainnya, maka kamu akan mendapatkan hal yang sama cuma berbeda jenis. Tetapi, apabila kamu menukarkan NFT yang kamu punya dengan NFT yang lain, maka kamu akan mendapatkan sesuatu yang sama sekali berbeda.

NFT pun juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan NFT dari sudut pandang akses.

Kelebihan

1. NFT mendapat manfaat dari aksesibilitas global hari pertama. Ada sedikit atau tidak ada batas geografis.

2. Asli digital. Aset ini tidak berwujud dan siapa pun yang memiliki akses ke ponsel cerdas dapat berpartisipasi.

3. Penjagaan gerbang terbatas. Hampir semua orang dapat bergabung dengan server Discord dan dapat berpartisipasi dalam komunitas.

4. Tidak ada pencipta yang tidak dapat membuat. Kami belum pernah melihat pembuat yang diblokir untuk membuat.

Kekurangan

1. Akses analog terbatas. Orang bisa berargumen bahwa menjadi digital membuatnya kurang dapat diakses. Kami pikir teknologi bergerak ke arah di mana hampir semua orang bisa online dalam kapasitas tertentu.

2. Inggris sentris. Belum terlihat banyak fokus pada akses bahasa selain bahasa Inggris. Ini bisa menjadi pandangan dunia yang terbatas.

3. Aksesibilitas. Belum banyak pekerjaan yang dilakukan untuk penyandang cacat. Bagaimana kita bisa mengekspos kreativitas kepada mereka yang sebelumnya tidak bisa terlibat dalam kreativitas analog?

4. Paparan mudah ke skema phishing. Kami tidak berpikir kami telah menguasai keamanan untuk orang awam dan ini bisa menjadi masalah besar karena nilai dan nilai yang disimpan semakin besar.

Nah, itulah dia penjelasan singkat terkait NFT beserta kelebihan dan kekurangannya (Penulis: Adhitya Putra P).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel