3 Makanan yang Bisa Membantu Kamu Memperkuat Daya Ingat

Teknokra.id - Lupa merupakan suatu hal yang sangat manusiawi. Apalagi banyak hal yang harus diingat dan dikerjakan oleh kamu. Tapi jika keseringan lupa akan membuat kamu merasa tidak nyaman.

Cara kerja otak kita yaitu menghapus memori yang dianggap tidak  penting dan jarang diingat kembali. Pada akhirnya memori ini akan menyerap kembali memori yang baru.

3 Makanan yang Bisa Membantu Kamu Memperkuat Daya Ingat

Banyak orang yang bingung kenapa ia cepat lupa. Beberapa faktor yang membuat kinerja otak lebih lambat yaitu kurang tidur, stres dan pola makan yang kurang sehat.

Kurang Tidur

Kurang tidur merupkan penyebab utama mudah lupa, ketika waktu istirahat terlalu sedikit dapat menyebabkan perubahan mood dan mudah cemas. Hal ini tentu saja dapat membuat fokus dan konsentrasimu menurun, sehingga dapat mempengaruhi kemampuanmu untuk mengingat.

Stres

Ketika stres, pikiranmu sering tidak karuan dan terganggu. Stres dapat menganggu konsentrasi yang mempengaruhi kemampuanmu untuk mengingat sesuatu.

Pola Makan yang Kurang Sehat

Banyak orang tidak menyadari pola makan yang kurang sehat sangat mempengaruhi daya ingat. Menurut jurnal Neurology, seseorang yang terlalu berlebihan mengonsumsi gula akan memiliki masalah ingatan.

Nah, jika sudah tahu apa saja faktor penyebab mudah lupa. Sekarang Teknokra.id akan memberitahukan apa saja makanan yang dapat membantu kamu memperkuat daya ingat.

1. Minyak ikan 

Bukan rahasia lagi jika minyak ikan baik untuk otak karena minyak ikan mengandung Omega 3, EPA dan DHA. Banyak penelitian menyatakan bahwa jika mengonsumsi minyak ikan dapat meningkatkan daya ingat kamu.

2. Madu

Kandungan fruktosa dapat memberi energi cadangan pada hati dan bekerja pada otak. Selain itu, manfaat lain dari madu membuat tidurmu menjadi lebih nyenyak.

3. Ikan salmon

Banyaknya kandungan nutrisi di dalam ikan salmon dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasimu. Kandungan asam lemak omega-3  dan kandungan antioksidan sangat penting dalam memelihara kesehatan otak.

Itulah faktor penyebab dan makanan yang dapat membantumu mengatasi sering lupa. Tidak perlu bingung lagi ya friends! Cobalah mengonsumsi makanan tersebut dan perbaiki daya ingatmu! (Penulis: Rossa Asyifah)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel