Tips Sederhana Foto Sunrise dan Sunset menggunakan Smartphone

Teknokra.id - Siapa sih yang masih tidak tahu keindahan sunrise dan sunset? Bagi sebagian orang, waktu sunset saat menuju maghrib adalah waktu yang menakjubkan, terutama bagi kaum fotografer dan juga anak indie “penyuka senja dan kopi”. Warna jingga atau bahkan muncul warna kemerah-merahan saat matahari terbit maupun terbenam merupakan fenomena alam  yang sangat memukau sehingga tak heran banyak orang yang berlomba-lomba untuk mengabadikan momen tersebut dalam bentuk karya fotografi. 

Agar momen sunrise maupun sunset dapat diabadikan dengan sempurna, tentunya perlu memahami teknik fotografi. Namun, bagaimana bagi yang belum mempunyai gear maupun kamera seperti DSLR atau mirrorless

Tips Sederhana Foto Sunrise dan Sunset menggunakan Smartphone

Eits, kalian tak perlu khawatir! Teknokra.id akan membagikan beberapa tips atau cara yang bisa dilakukan saat memotret sunrise atau sunset menggunakan smartphone kalian.

1. Gunakan Aplikasi Kamera Biasa di Smartphone

Menggunakan aplikasi kamera di smartphone, yaitu aplikasi standar bawaan dari smartphone itu sendiri. Bukan menggunakan aplikasi unduhan seperti kamera yang ada di instagram, maupun aplikasi kamera lainnya.

2. Posisikan Waktu yang Tepat

Disaat kita ingin memotret sunset maupun sunrise kita harus mengetahui waktu kapan golden hour ataupun warna jingga itu bisa muncul. Waktu tersebut bisa ditentukan sekitar pukul 5-6 pagi ketika sunrise dan 4-6 sore ketika sunset.

3. Penggunaan Underexpose (Cahaya yang Rendah)

Tips yang memegang peranan yang penting adalah underexpose. Apabila cahaya yang dihasilkan itu sedikit, maka akan membuat warna yang dihasilkan lebih terperinci dan memberikan kesan yang dramatis terhadap hasil foto senja ataupun sunset tersebut. Dalam hal ini, yang bisa kita lakukan saat menggunakan kamera smartphone yaitu bisa menurunkan pencahayaan, lain halnya jika menggunakan kamera DSLR atau mirorrles yang cara mengaturnya menggunakan ISO dan juga diafragma yang rendah.

4. Perhatikanlah Tempat Sekitar Sunrise atau Sunset

Ketika sunset sedang berlangsung, perhatikan area sekitarmu (bukan hanya di depanmu). Terkadang tempat sekitar matahari juga menjadi tempat yang sangat cantik apabila kita perhatikan dengan rinci, seperti misalnya di kolam, danau atau laut. Matahari yang terbenam akan menghasilkan cahaya jingga yang indah dan suasana hangat seperti bermandikan cahaya. Oleh karena itu, jangan hanya fokus pada arah matahari saja, tetapi perhatikan juga tempat sekitar matahari saat melakukan pemotretan.

5. Tahan Waktu Lebih Lama

Apabila kita sudah mempunyai niat untuk hunting foto sunset, tetaplah sabar dan jangan terburu-buru agar mendapat hasil yang lebih memuaskan. Karena biasanya waktu terbaik untuk pengambilan sunset kira-kira sekitar 25 menit setelah matahari terbenam yang memunculkan cahaya jingga sampai kemerah-merahan.

6. Tunggulah Awan yang Tepat

Terdapat dua hal yang ideal saat mengambil foto sunset atau sunsrise, yaitu saat berawan dan awan tipis setengah-setengah. Awan tersebut akan menolong anda menciptakan foto sunset yang keren dan menarik dengan pancaran warna jingganya di langit. Sedangkan saat berawan, sunset atau sunrise tersebut seakan seperti mentransfer warna kepada awan yang menjadikannya berwarna kemerah-merahan sampai seperti merah jambu atau bahkan bisa menjadi ungu. Namun, hal ini kadang hanya untung-untungan saja. Terkadang saat berawan juga tidak memunculkan warna apapun. 

7. Pastikan Tidak Mendung atau Hujan

Hal ini adalah yang paling penting. Apabila sudah mendung apalagi hujan, kita akan sangat sulit bahkan tidak bisa melihat sunrise atau sunset

Nah, itulah beberapa tips sederhana untuk memotret sunrise ataupun sunset menggunakan smartphone (Penulis: Afifah). 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel