Kutipan Ini Mungkin Akan Membantu Mengurangi Rasa Insecure Kamu

Teknokra.id - Kamu sering merasa cemas karena menganggap dirimu memiliki banyak kekurangan dibandingkan orang lain? Itu adalah salah satu ciri dari seseorang yang merasa insecure

Dilansir dari laman Halodoc.com, insecure dapat dikatakan sebagai suatu kondisi mental yang menyebabkan seseorang merasa “tidak aman”. Tidak aman di sini bisa berlaku pada banyak hal.

Kutipan Ini Mungkin Akan Membantu Mengurangi Rasa Insecure Kamu

Seseorang yang insecure biasanya mudah merasa cemas dan memiliki ketakutan yang berlebihan, sehingga mereka akan melakukan sesuatu dengan lebih berhati-hati. Bahkan,  seseorang yang mengalami insecure juga sering kali berprasangka buruk atau mencurigai orang lain dan lingkungan di sekitarnya. 

Berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar pada tahun  2018, terdapat lebih dari 19 juta penduduk usia di atas 15 tahun terkena gangguan mental emosional dan lebih dari 12 juta orang berusia di atas 15 tahun mengalami depresi. Di antara masalah kesehatan mental yang kerap menimpa para remaja, salah satunya adalah insecure atau perasaan rendah diri.

Biasanya, seseorang yang mengalami insecure, akan selalu menganggap pencapain dirinya lebih rendah dari orang lain. Hal ini bisa berakibat pada hilangnya rasa percaya diri, berkurangnya minat untuk berinteraksi dan bahkan bisa menghambat si penderita untuk bergerak maju.

Nah, untuk para muda-mudi yang sekarang sedang bergelut dengan rasa insecure, mungkin kutipan di bawah ini akan sedikit mengubah pikiran kalian tentang rasa rendah diri tersebut.

We Get So Worried About Being Pretty. Let's be pretty smart, pretty kind and pretty brave." -Britt Nichole

Kira-kira, apa saja sih makna yang bisa kita dapatkan dari kutipan tersebut? Yuk, simak selengkapnya.

- Let's be pretty smart

Menjadi pintar dan memiliki wawasan yang luas tentu saja bisa menambah lebih banyak koneksi dan hal-hal menguntungkan ke dalam hidupmu. Siapapun sebenarnya bisa menjadi pintar, tapi terkadang rasa insecure yang sulit di atasi itu membuat kita berpikir bahwa kita tidak pernah benar-benar pintar seperti orang lain. Kalau begitu, ayo menjadi cukup pintar untuk bisa memilih apa yang baik untuk dirimu, apa tujuanmu, apa motivasimu, apa yang kamu sukai, dan apa yang dirimu butuhkan. Setelah itu, percayalah, rasa insecure-mu akan sedikit berkurang.

-Let's be Pretty Kind

Jika kamu merasa sulit berbuat baik kepada orang lain, karena rasa minder yang timbul akibat insecure-mu, maka setidaknya mulailah dengan berbuat baik kepada dirimu sendiri. Berilah dirimu penghargaan atas pencapainnya karena sudah bisa bertahan sampai sekarang. Belilah barang yang kamu suka, pergilah ke tempat yang ingin kamu kunjungi, atau setidaknya mulailah menjadi baik dengan bisa menerima dirimu sendiri. Terimalah bahwa semua luka dan rasa tidak menyenangkan yang kamu alami, merupakan bagian dari dirimu juga. Akui mereka memang bagian dari kehidupanmu, dan cobalah ucapkan kata-kata penyemangat kepada dirimu sendiri agar bagian-bagian tidak menyenangkan itu bisa lekas membaik.

-Let's be Pretty Brave

Terakhir, jadilah berani untuk menjadi dirimu sendiri. Jangan takut untuk memakai style yang kamu suka, aroma parfume yang kamu suka, gaya dan warna rambut yang kamu inginkan. Jadilah seperti apa yang kamu impikan, jangan pernah takut karena tidak mengikuti trend yang ada, ataupun mendapat komentar buruk dari orang lain tentang style-mu. Ingat, yang seperti kamu hanya ada satu dan menjadi beda bukan berarti kamu tidak menarik. Melainkan kamu berani untuk menjadi dirimu sendiri, dan itu adalah pencapaian yang sangat luar biasa.

Nah, itu dia tiga hal penting yang bisa kita ambil dari kutipan yang sangat cantik tersebut. Kita tidak harus menjadi sehebat orang lain, apapun yang bisa kita raih saat itu adalah hasil terbaik yang Tuhan berikan kepada kita. Tetap semangat, friends! (Penulis: Dinny Khairunnisa)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel