Kenali Macam Love Language, Kalian yang Mana?

Teknokra.id - Berbicara mengenai cinta tidak akan ada habisnya. Setiap manusia, pasti pernah merasakan yang namanya jatuh cinta. Love languange atau bahasa cinta memiliki peran yang cukup besar loh dalam sebuah hubungan. Apabila kita memahami love language seseorang, maka akan lebih mudah bagi kita untuk menjalani hubungan dengan orang yang kita sayangi. 

Love language sering kali diartikan sebagai cara seseorang dalam mengekspresikan rasa cinta mereka terhadap orang lain. Love language terbagi menjadi lima, di antaranya receiving gifts, acts of service, physical touch, quality time, dan words of affirmations

Kenali Macam Love Language, Kalian yang Mana?

Dr. Gary Chapman dalam buku The Five Love Languages : How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate, menjelaskan bahwa setiap individu memiliki persentase yang berbeda mengenai love language. Hal ini, menjelaskan bahwasanya setiap individu memiliki kelima jenis bahasa cinta ini, namun hanya salah satu yang lebih menonjol. 

Agar kalian dapat lebih memahami pasangan, keluarga, teman, dan bahkan diri sendiri, kalian perlu mengetahui dulu bahasa cinta yang paling menonjol dalam diri kalian. Nah, berikut adalah penjelasan dari love language yang perlu kalian pahami!

1. Words of Affirmation

Seseorang yang memiliki love language ini sangat senang apabila orang terkasihnya memberikan kalimat-kalimat positif seperti pujian, apresiasi, serta kalimat indah yang menunjukkan kasih sayang. Kalimat sederhana namun memiliki makna seperti “Terima kasih sudah berjuang sampai saat ini” dapat kalian coba praktikan.

2. Quality Time

Seseorang dengan bahasa cinta ini, akan merasa dicintai ketika dapat menghabiskan waktu bersama orang yang mereka cintai. Hal ini, dapat dilakukan dengan cara meluangkan waktu untuk pasangan, memberikan perhatian secara penuh, serta menghabiskan waktu bersama.

3. Physical Touch

Apabila anda merasakan kasih sayang ketika dipeluk dan bergandengan tangan dengan orang terdekat, mungkin ini adalah bahasa cinta anda. Seseorang yang memiliki love language ini akan merasa dicintai ketika pasangan memberikan sentuhan fisik. Sentuhan fisik di sini tentu sentuhan yang aman, ya.

4. Acts of Service

Apabila kalian merasa dicintai ketika orang terkasih bertindak secara langsung untuk anda tanpa anda memintanya, maka ini merupakan love language anda. Seseorang dengan tipe love language ini sangat senang dan merasa dicintai ketika mendapatkan perhatian secara langsung seperti, membuatkan minuman tanpa diminta, membantu merapihkan baju, membuatkan makanan.

5. Receiving Gifts

Seseorang yang memiliki love language ini, akan memberikan hadiah sebagai bentuk kasih sayang serta cinta terhadap orang terkasihnya. Hadiah tidak harus selalu mahal. Bahkan memberikan pasangan gelang couple sudah membuat ia merasa dihargai. Dan, dengan cara ini pula ia ingin dicintai oleh orang terkasihnya.

Nah, sudah mengetahui jenis love language kan? Jadi kalian termasuk yang mana nih? Love language kalian dengan orang terkasih tidak pasti sama. Namun, paling tidak ketika kalian memahami bahasa cinta pasangan, keluarga, dan teman kalian dapat membentuk hubungan yang berkualitas (Penulis: Elsyifa Azzahra).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel